PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN BRANDING SYARIAH HOTEL SEVEN DREAM JEMBER UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF DAN KEPERCAYAAN PUBLIK

Khofifah, Nur (2024) PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN BRANDING SYARIAH HOTEL SEVEN DREAM JEMBER UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF DAN KEPERCAYAAN PUBLIK. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Khofifah_204103010040.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Nur Khofifah Untuk, 2024: Peran Humas Dalam Membentuk Branding Syariah Di Hotel Seven Dream Jember Meningkatkan Citra Positif Dan Kepercayaan Publik.
Kata Kunci : Peran humas, Citra positif, Kepercayaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran humas dalam membentuk branding Hotel Syariah Seven Dream Jember dalam upaya meningkatkan citra positif dan kepercayaan publik. Hotel ini memiliki konsep syariah yang membedakannya dari hotel konvensional, sehingga pengelolaannya harus konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip Islam, serta menjaga agar semua aspek operasional tetap sesuai dengan nilai-nilai syariah. Humas memegang peran penting dalam menciptakan citra yang kuat dan positif tentang hotel ini di mata masyarakat. Selain itu konsistensi dalam implementasi prinsip syariah di setiap aspek operasional hotel terbukti menjadi faktor kunci dalam meningkatkan citra positif dan membangun reputasi yang kuat. Pengelolaan isu yang berkaitan dengan opini negatif publik seperti kesalahpahaman tentang konsep syariah, hal ini membutuhkan keterampilan komunikasi yang cermat agar persepsi yang salah dapat diluruskan dan kepercayaan publik tetap terjaga.

Dalam hal ini, transparansi dan kejelasan informasi mengenai kebijakan syariah yang diterapkan di hotel sangat diperlukan untuk menghindari potensi salah pengertian dari berbagai kalangan. Sehingga rumusan masalah penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana peran humas dalam pembentukan branding syariah untuk membangun citra positif dan meningkatkan kepercayaan publik. 2) Bagaimana efektifitas peran humas pada prinsip Islam di Hotel Seven Dream. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui peran humas dalam pembentukan branding syariah dalam meningkatkan citra positif dan kepercayaan hotel kepada publik. 2) Untuk mengetahui efektifitas peran humas pada prinsip Islam di Hotel Seven Dream.

Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang mengandalkan data yang diperoleh melalui wawancara dengan pengelola, staff humas, serta tamu hotel, serta analisis dokumen terkait. Peneliti juga menggali persepsi publik terkait citra Hotel Syariah Seven Dream dan tantangan yang dihadapi dalam menjaga reputasi. penelitian menunjukkan bahwa humas berperan aktif dalam mengelola citra dengan publik melalui berbagai saluran, seperti media sosial, iklan, dan acara promosi, untuk menyampaikan komitmen hotel terhadap prinsip syariah. Humas juga bertanggung jawab dalam menanggapi isu-isu yang berkembang di masyarakat dan mengklarifikasi informasi yang tidak sesuai, guna menjaga kepercayaan dan kenyamanan tamu. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa humas memegang peran strategis dalam membangun dan mempertahankan branding syariah Hotel Seven Dream Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Nur khofifah
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:10
Last Modified: 18 Dec 2024 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37960

Actions (login required)

View Item View Item