Fitriani, Devita (2024) Sistem pengelompokan peserta didik baru dalam proses pembelajaran di madrasah aliyah negeri bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI DEVITA FITRIANI_202101030067_MPI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengelompokan Kelas, Siswa, Pembelajaran
Pengelompokan adalah pengelompokan peserta didik berdasarkan karakteristik-karakteristiknya. Pengelompokan peserta didik dilakukan bagi peserta didik yang baru diterima dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru. Tujuannya agar program kegiatan belajar bisa berlangsung dengan sebaik-baiknya. Pengelompokan peserta didik ini bisa ditetapkan berdasarkan atas minat dan bakat peserta didik, pengelompokan yang didasarkan atas latar belakang kemampuan, dan pengelompokan yang didasarkan atas perpaduan dari keduanya. Namun, salah satu bentuk Pengelompokan yang sering dilakukan yaitu pengelompokan peserta didik berdasarkan prestasi yang diperoleh.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana sistem pengelompokan peserta didik baru dalam proses pembelajaran di MAN Bondowoso?, 2) Bagaimana cara mengoptimalkan pengelompokan peserta didik baru dalam proses pembelajaran di MAN Bondowoso?, 3) Kendala apa saja yang terjadi pada saat pelaksanaan pengelompokan peserta didik baru dalam proses pembelajaran di MAN Bondowoso?
Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1), Untuk mendeskripsikan sistem pengelompokan peserta didik baru dalam proses pembelajaran di MAN Bondowoso 2), Untuk mendeskripsikan cara mengoptimalkan pengelompokan
peserta didik baru dalam proses pembelajaran di MAN Bondowoso 3), Untuk mendeskripsikan kendala apa saja yang terjadi pada saat pelaksanaan pengelompokan peserta didik baru dalam proses pembelajaran di MAN Bondowoso.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitain kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: 1) Pengelompokan peserta didik dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, menentukan minat dari masing-masing peserta didik baru dan mengikuti tes potensi akademik, 2) Cara mengoptimalkan pengelompokan peserta didik baru dalam proses pembelajaran dilakukan dengan memberikan sosialisasi, mulai sejak awal pendaftaran MAN Bondowoso sudah memberikan pilihan kepada calon peserta didik untuk memilih jurusan yang diminati dan madrasah yang memfasilitasi 3) Kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan pengelompokan peserta didik baru dalam proses pembelajaran ialah keinginan antara siswa dan orang tua berbeda, keinginan yang dimiliki siswa tidak sesuai dengan kemampuannya, siswa hanya sekedar mengikuti temannya, dan terbenturnya dengan sistem yang ada di madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | classs Devita Fitriani |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 08:00 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 08:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37984 |
Actions (login required)
View Item |