NUR HALIMAH, - (2020) Pengembangan kreativitas melalui permainan plastisin pada anak B di Raudhatul Athfal Darul Ulum 2 Tetelan Seputih Mayang Jember tahun pelajaran 2019/2020”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
NurHalimah_T20165091.pdf Download (10MB) |
Abstract
Nur Halimah,2020:“Pengembangan kreativitas melalui permainan plastisin pada anak B di Raudhatul Athfal Darul Ulum 2 Tetelan Seputih Mayang Jember tahun pelajaran 2019/2020”. Proses kreasi atau proses kreatif merupakan tahapan yang harus dilalui oleh seseorang dalam menciptakan suatu karya seni, mulai dari proses memperoleh, menemukan sumber inspirasi, hingga proses mewujudkan dalam bentuk karya. Tahapan-tahapan tersebut harus ditanamkan kepada anak usia dini guna mengasah kemampuannya dalam hal melakukan dan mencipta suatu karya. Proses mengasah kemampuan kreativitas anak salah satunya bisa dilakukan melalui belajar dan bermain, dimana pembelajaran dikemas melalui media permainan plastisin. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana pengembagan kreativitas pada aspek proses melalui permainan platisin pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Darul Ulum 2 Tetelan Seputih Mayang Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pengembangan kreativitas pada aspek produk melalui permainan platisin pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Darul Ulum 2 Tetelan Seputih Mayang Jember tahun pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana pengembangan kreativitas pada aspek dukungan melalui permainan platisin pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Darul Ulum 2 Tetelan Seputih Mayang Jember tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Darul Ulum 2 Tetelan Seputih Mayang Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Analisis data mengunakan metode kualitatif deskriptif model interaktif model Miles Huberman yang terdiri dari data condentation, data display, dan verification. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan: 1) Pengembangan kreativitas pada aspek proses melalui permainan platisin pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Darul Ulum 2 Tetelan Seputih Mayang Jember dilakukan dengan melibatkan anak untuk berinteraksi secara lansung dengan gagasannya sendiri, yaitu anak diberi kebebasan berkreasi tanpa menuntut kesempurnaan hasil asalkan tetap mengacu pada tema pembelajaran. 2) Pengembangan kreativitas pada aspek produk melalui permainan platisin pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Darul Ulum 2 Tetelan Seputih Mayang Jember dilakukan dengan cara membimbing kemampuan kreativitas anak agar memiliki keterampilan dalam mengkombinasikan berbagai pengetahuannya untuk menciptakan produk baru yang berbeda dari sebelumnya.Bentuk kemampuan anak dalam mencipta produk yaitu kemampuan anak untuk mengeluarkan ide dan produk baru, kemampuan dalam mengkombinasikan unsur berdasarkan pengamatan, dan kemampuan mencipta secara mandiri. 3) Pengembangan kreativitas pada aspek dukungan melalui permainan platisin pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Darul Ulum 2 Tetelan Seputih Mayang Jember dilakukan dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak, serta menyediakan berbagai fasilitas permainan edukatif yang dapat merangsang anak untuk lebih semangat dalam berkreativitas. Selain itu, partisipasi orang tua dalam memberi semangat menjadi faktor pendukung utama bagi pengembangan kreativitas anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:40 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3800 |
Actions (login required)
View Item |