ALI YAFI, - (2021) Mengembangkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok Angka pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Al Fattah Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Nur Hidayati Tsauri_T20175030.pdf Download (1MB) |
Abstract
viii ABSTRAK Nur Hidayati Tsauri, 2021: Mengembangkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok Angka pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Al Fattah Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kemampuan adalah suatu keahlian, kecakapan, kemahiran yang ada pada diri anak mulai sejak lahir, sedangkan berhitung adalah ilmu yang setiap hari ada pada kehidupan manusia, berhitung tidak lepas dari matematika mulai dari penjumlahan, pengurangan, pembagian, sampai perkalian. Belajar berhitung sebaiknya dilakukan mulai sejak dini atau pada masa golden age, untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak dengan cara bermain. Bermain dapat diartikan sebagai play yang memiliki arti suatu aktivitas bersenang- senang tanpa mencari menang dan kalah, bermain juga dapat diartikan sebagai games, untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak salah satunya dengan menggunakan balok angka. Balok angka adalah salah satu visual yang terbuat dari kayu atau bahan alam yang mempunyai bentuk yang sangat dilihat dan digunakan dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada anak. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini melalui permainan balok angka pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Fattah Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana membedakan bentuk angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini melalui permainan balok angka pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Fattah Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan cara mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini melalui permainan balok angka pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Fattah Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 2) untuk mendeskripsikan cara membedakan bentuk angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini melalui permainan balok angka pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Fattah Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah studi kasus, subyek penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu kepala sekolah, dewan guru, dan siswa kelompok A di Raudhatul Athfal Al Fattah. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi partisipatif, wawancara menggunakan wawancara semi terstruktur, dokumentasi berupa profil, visi misi, data siswa, aktifitas berupa foto-foto saat proses pembelajaran yang relevan. Analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang dipakai oleh peneliti yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini melalui permainan balok angka pada kelompok A, mengenalkan konsep angka dengan cara menyebut dam membilang mulai angka terkecil sampai angka terbesar, mengenal lambang bilangan, dan menyusun balok angka.2) Membedakan dan membandingkan bentuk angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini melalui permainan baok angka pada kelompok A dengan cara membedakan bentuk angka yang sama, dan membandingkan jumlah balok angka yang lebih sedikit dan jumlah angka yang lebih banyak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:42 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3802 |
Actions (login required)
View Item |