Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam majalah pendidikan al-mashalih edisi 22.1–25.2 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso

Pratiwi, Elisa Dewi Cahya (2024) Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam majalah pendidikan al-mashalih edisi 22.1–25.2 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Elisa Dewi Cahya Pratiwi_201101010054.pdf

Download (23MB)

Abstract

Elisa Dewi Cahya Pratiwi, 2024: Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Majalah Pendidikan Al-Mashalih edisi 22.1–25.2 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.

Kata Kunci: nilai-nilai pendidikan Islam; majalah pendidikan al-mashalih

Majalah pendidikan Al-Mashalih merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam kepada siswa. Majalah ini dikelola oleh siswa melalui organisasi jurnalistik dan berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. Dalam perkembangannya, majalah ini menghadapi berbagai kendala, terutama dalam pengelolaan penerbitan digital yang masih terbatas. Kendala tersebut mencerminkan tantangan dalam mengelola media pendidikan di kalangan siswa. Meski demikian, Al-Mashalih tetap menjadi sarana edukasi yang relevan dalam menyebarkan nilai-nilai pendidikan Islam di lingkungan madrasah.

Fokus dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Bagaimana nilai akidah dalam majalah pendidikan Al-Mashalih edisi 22.1–25.2 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 2) Bagaimana nilai ibadah dalam majalah pendidikan Al-Mashalih edisi 22.1–25.2 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 3) Bagaimana nilai akhlak dalam majalah pendidikan Al-Mashalih edisi 22.1–25.2 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 4) Bagaimana nilai muamalah dalam majalah pendidikan Al-Mashalih edisi 22.1–25.2 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, yaitu menggunakan sumber tertulis sebagai data utama. Data berupa kutipan kalimat yang diambil dari rubrik kajian agama dan cerpen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce, yang melibatkan tiga elemen utama dalam proses interpretasi data yaitu tanda (sign), objek, dan interpretan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu teknik ketekunan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam dalam majalah pendidikan Al-Mashalih edisi 22.1–25.2 yaitu sebagai berikut. 1) Nilai akidah yang mencakup iman kepada Allah Swt., iman kepada kitab-kitab Allah dan iman kepada qadha’ dan qadar. 2) Nilai ibadah yang ditemukan meliputi ibadah shalat wajib, shalat dhuha, dan shalat tahajud. 3) Nilai akhlak meliputi akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap keluarga, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan. 4) Nilai muamalah membahas tentang interaksi sosial yang meliputi sikap jujur dan bertanggung jawab, kebijakan, solidaritas tokoh utama dan pentingnya kepedulian sosial .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Elisa Dewi
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:00
Last Modified: 18 Dec 2024 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38023

Actions (login required)

View Item View Item