STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN BAITUL ARQOM BALUNG JEMBER

yanto, ahmadfikri (2024) STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN BAITUL ARQOM BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fikri Yanto Skripsi_202101030032.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ahmad Fikriyanto, 2024 : Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pondok Pesantren Baitul Arqom.
Startegi Pemasaran merupakan rencana yang Menyeluruh Lembaga pendidikan pertama dan tertua di Indonesia yang eksistenisnya tidak diragukan lagi di tengah-tengah masyarakat ialah Pondok Pesantren, terutama masyarakat pulau Jawa, sehingga pondok pesantren dianggap sebagai produk asli budaya Indonesia yang Indigenous, merupakan salah satu sarana bagi umat Islam di Indonesia untuk mendalami syari'at Islam.
Penelitian ini memiliki 4 fokus penelitian yaitu : 1) Bagaimana Pemasaran Product dalam Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember ? 2) Bagaimana Pemasaran Price dalam Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember ? 3) Bagaimana Pemasaran Place dalam Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember ? 4) Bagaimana Pemasaran Promotion dalam Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember ?
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pemasaran Product di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pemasaran Price di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember. 3) Untuk mendeskripsikan pemasaran Place di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember. 4) Untuk mendeskripsikan pemasaran Promotion di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur, dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondesasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pemsaran Produk bagus sehingga meningkatkan minat santri baru di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember dengan menggunakan Bauran Pemasaran 4 P, Produk, Price, Promotion, Place. Dan dapat kita lihat dari Konsumen merasa puas terhadap pelayanan jasa yang diberikan oleh Lembaga Pendidikan dan ada juga bentuk Komitmen dari Masyarakat atau warga sekitar terhadap Pondok Pesantren Baitul Arqom mendapatkan dukungan penuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Ahmad Fikriyanto
Date Deposited: 18 Dec 2024 06:32
Last Modified: 18 Dec 2024 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38031

Actions (login required)

View Item View Item