Implementasi Strategi Active Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Misbahul Hasan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020

SITI AMINAH, - (2021) Implementasi Strategi Active Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Misbahul Hasan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Siti Aminah_T20161028.pdf

Download (5MB)

Abstract

Siti Aminah, 2020 : Implementasi Strategi Active Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Misbahul Hasan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 Kata Kunci :Implementasi Active Learning, Akidah Akhlak Secara terminologi active learning bermakna belajar aktif adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkin peserta didik berperan secara aktif dalam proses pembelajaran baik dalam bentuk interaksi antar peserta didik ataupun peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran. Jadi strategi active learning adalah sebuah perencanaan untuk mencapai tujuan dengan cara apapun yang tidak akan membuat peserta didik jenuh berada di dalam kelas serta memberikan peranan aktif kepada seluruh peserta didik, dengan demikian guru pun senang karena strategi yang digunakan tidak monoton dan tidak berpusat pada guru itu saja. Fokus penelitian adalah 1). Bagaimana pelaksanaan strategi diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Misbahul Hasan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 ? 2). Bagaimana pelaksanaan strategi demonstrasi pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Misbahul Hasan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 ? 3). Bagaimana pelaksanaan strategi tanya jawab pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Misbahul Hasan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 ? Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsi pelaksanaan strategi disuksi pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Misbahul Hasan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. 2). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi demonstrasi pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Misbahul Hasan Kecamatan Tiris Kabupaten Tahun Pelajaran 2019/2020. 3). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi tanya jawab pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Misbahul Hasan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian lapangan Field Research, penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah :1). Dalam pelaksanaan strategi diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII yang di fokuskan pada materi Taat, Ikhlas, Khauf dan Taubat. 2). Dalam pelaksanaan strategi demonstrasi pada mata pelajaran akidah akhlak guru menunjukkan video pada peserta didik untuk melatih pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. 3). Dalam pelaksanaan strategi tanya jawab dilaksanakan pada pertemuan terakhir dengan materi taat, ikhlas, khauf dan taubat untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap semua materi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:46
Last Modified: 21 Apr 2022 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3805

Actions (login required)

View Item View Item