Manajemen Pengembangan Mutu pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso

Malihati, Faizatul (2024) Manajemen Pengembangan Mutu pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faizatul Malihati_201101030025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen, Mutu PembelajaranKepala madrasah sudah menerapkan manajemen pengembangan mutu pembelajaran dengan baik. Dilihat dari standar sarana dan prasarana yang ada disekolah memiliki fasilitas penunjang pembelajaran yang memadai seperti media, alat peraga, laboratorium komputer dan IPA, perpustakaan, alat-alat olah raga dan musholla. MAN Bondowoso mempunyai KKM yang tinggi sehingga peserta didik tersebut mudah melanjutkan pendidikan ke Universitas favorit, adanya 6 kelas baru untuk difokuskan pada minat dan bakat siswa yakni kelas tahfidz, akadik dan olahraga dengan didukung oleh pembimbing khusus, mencetak siswa berprestasi bidang akademik maupun non akademik. Juga didukung dengan program kegiatan keislaman. Seperti, shalat dhuha berjamaah, mengaji sebelum memulai kegiatan KBM, tahfidz Al-Qur‟an, bengkel shalat, single sex area dan lainnya.Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen dalam pengembangan mutu pembelajaran di MAN Bondowoso? 2) Bagaimana pengimplementasian manajemen dalam pengembangan mutu pembelajaran di MAN Bondowoso? 3) Bagaimana pengawasan manajemen dalam pengembanganmutu pembelajaran di MAN fungsi Bondowoso?Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendakatandeskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru Mata Pelajaran PKN dan Guru Mata Pelajaran Fiqih. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: 1)perencanaan pembelajaran tenaga pendidik di tuntut untuk dapat menyusun program kegiatan pembelajaran berupa menyiapkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan memfasilitasi sarana dan prasara yg baik. 2) Pengimplementasian pembelajaran yaitu dengan memberikan keleluasaan guru dalam menggunakan atau memilih metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan sehingga guru lebih leluasa dalam pelaksanaan pembelajaran. 3) pengawasan yang dilakukan kepala sekolah MAN Bondowoso berupa evaluasi melalui supervisi akademik dan melalui laporan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Faizatul Malihati
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:27
Last Modified: 19 Dec 2024 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38081

Actions (login required)

View Item View Item