Fauzi, Ahmad Ikliil (2024) Pengembangan Robot Lempeng Tektonik Menggunakan Sistem Hidrolik Sebagai Alat Peraga Materi Lapisan Bumi Tingkat SMP. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ahmad Ikliil Fauzi_214101100010.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci: Robot Lempeng, Sistem Hidrolik, Alat Peraga, Materi Lapisan Bumi
Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan peserta didik kelas VIII A, alat peraga menjadi pilihan media pembelajaran yang mendominasi dengan 19 pemilih. Observasi menunjukkan antusias yang tinggi pada pembelajaran praktik. Hasil wawancara juga menyatakan alat peraga berpotensi dikembangkan untuk memberikan peran dalam pembelajaran. Mengingat sifat abstrak pada materi lempeng tektonik serta kegiatan investigasi awal tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk materi lempeng tektonik di kelas VIII MTsN 2 Banyuwangi dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep tersebut.
Rumusan masalah pada penelitian ini: 1. Bagaimana validitas robot lempeng tektonik menggunakan sistem hidrolik sebagai alat peraga materi lapisan bumi tingkat SMP? 2. Bagaimana kepraktisan robot lempeng tektonik menggunakan sistem hidrolik sebagai alat peraga materi lapisan bumi tingkat SMP? 3. Bagaimana kemenarikan bagi peserta didik pada robot lempeng tektonik menggunakan sistem hidrolik sebagai alat peraga materi lapisan bumi tingkat SMP? 4. Bagaimana efektivitas robot lempeng tektonik menggunakan sistem hidrolik sebagai alat peraga materi lapisan bumi tingkat SMP?
Dalam menghasilkan media pembelajaran, penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model Plomp yang dirancang oleh Plomp dkk., pengembangan ini memiliki lima tahap penelitian, yaitu preliminary investigation, berisikan menemukan masalah serta melakukan analisis kebutuhan. Pada tahap design berupa pemecahan atau memberikan solusi untuk dipromosikan oleh pengguna. Tahap ketiga adalah realization/construction merupakan proses pembuatan dari hasil perancangan desain. Tahap berikutnya adalah test, evaluation and revision pada tahap ini Akker merumuskan evaluasi formatif dan sumatif. Tahap terakhir merupakan implementation yakni pemberian produk yang dikembangkan kepada subjek untuk dilakukan penerapan lebih luas.
Pengembangan alat peraga robot lempeng tektonik terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik. 1. Penilaian ahli materi dan ahli media memberikan penilaian kevalidan melalui angket dengan persentase sebesar 93% (sangat valid). 2. Angket kepraktisan yang dinilai guru memperoleh persentase 94% sehingga dinyatakan praktis. 3. Hasil penyebaran angket kepada peserta didik (uji lapangan) diperoleh persentase kemenarikan sebesar 95% serta peserta didik menyatakan alat peraga mudah, menyenangkan, bagus. 4. Berdasarkan gain ternormalisasi sebesar 0,8 melalui hasil pre-test dan post-test, maka alat peraga robot lempeng tektonik ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 04 EARTH SCIENCES > 0403 Geology > 040313 Tectonics 04 EARTH SCIENCES > 0403 Geology > 040314 Volcanology 09 ENGINEERING > 0906 Electrical and Electronic Engineering > 090602 Control Systems, Robotics and Automation 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100605 Performance Evaluation; Testing and Simulation of Reliability 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ahmad Ikliil Fauzi |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 02:23 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 02:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38082 |
Actions (login required)
View Item |