Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Anak Di Raudlatul Athfal Darul Ulum 1 Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Sholihatul, Mubayyinah (2020) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Anak Di Raudlatul Athfal Darul Ulum 1 Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
Sholihatul Mubayyinah_T20165092.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sholihatul Mubayyinah, 2020: Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Anak Di Raudlatul Athfal Darul Ulum 1 Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian sikap yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban. Kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat diperlukan karena sikap disiplin dapat menjaga proses belajar mengajar dengan baik dan lancar, tetapi yang sangat penting adalah dengan disiplin dalam proses pendidikan dapat menciptakan siswa menjadi kuat sebagai penerus bangsa Indonesia karena sikap disiplin salah satu kunci kesuksesan. Fokus dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan anak di Raudlatul Athfal Darul Ulum 1 Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan anak di Raudlatul Athfal Darul Ulum 1 Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah; 1)Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan anak di Raudlatul Athfal Darul Ulum 1 Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2)Mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan anak di Raudlatul Athfal Darul Ulum 1 Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar anak sebagai pendidik di Raudhatul Athfal Darul Ulum Desa Sidomukti Kecamatan Mayang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019/2020 dilakukan dengan guru yaitu memberikan contoh yang baik kepada anak seperti selalu bersikap sabar, telaten, datang lebih awal untuk menyambut kedatangan siswa sehingga guru dapat memeriksa perlengkapan belajar anak dan guru dapat mengetahui anak yang sering telat. Hal yang juga dilakukan adalah memberikan pemahaman kepada orang tua agar lebih mendisiplinkan anak untuk tidak telat dan melengkapi perlengkapan belajar anak sebelum berangkat ke sekolah. 2) Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar anak sebagai motivator di Raudhatul Athfal Darul Ulum Desa Sidomukti Kecamatan Mayang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019/2020 dilakukan dengan guru yaitu memberikan reward seperti memberikan pujian, memberikan nilai baik dengan memberikan bintang 4 kepada anak, menunjukkan jari jempol sebagai tanda anak telah melakukan hal baik. Di samping reward guru juga memberikan punishment terhadap anak seperti memberikan nilai dengan bintang satu, menunjukkan jari kelingking kepada anak yang melanggar aturan sebagai tanda anak melakukan hal yang kurang baik. Hal yang juga dilakukan adalah memberikan perhatian lebih kepada anak yang belum bisa dengan mengajak anak berdialog sehingga guru dapat memberikan motivasi kepada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:57
Last Modified: 21 Apr 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3809

Actions (login required)

View Item View Item