Implementasi Kegiatan Kolase Biji-Bijian Dalam Meningkatkan Kegiatan Kreativitas Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

Wakhida, Quriana Firda (2024) Implementasi Kegiatan Kolase Biji-Bijian Dalam Meningkatkan Kegiatan Kreativitas Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
QURIANA FIRDA WAKHIDA_212101050011_SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Quriana Firda Wakhida, 2024: Implementasi kegiatan kolase biji-bijian dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi
Kata Kunci: Kegiatan Kolase Biji-bijian, Kreativitas anak

Kegiatan kolase biji-bijian adalah kegiatan menempelkan atau merekatkan berbagai jenis biji-bijian pada pola yang telah disediakan. Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kreativitas anak sejak usia dini agar mereka terbiasa berpikir secara kreatif. Dengan menggunakan biji-bijian seperti biji jagung, kacang hijau, atau biji padi, anak-anak tidak hanya dapat meningkatkan kreativitas, tetapi juga melatih motorik halus, kesabaran, dan konsentrasi. Media bahan alam seperti biji-bijian menjadi pilihan yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan anak melalui kegiatan yang menyenangkan, salah satu kegiatan yang menyenangkan dan dapat meningkatkan kreativitas pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 melalui kegiatan kolase menggunakan biji-bijian.

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses implementasi kegiatan kolase biji-bijian dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal1 Banyuwangi? 2) Bagaimana hambatan kegiatan kolase biji-bijian dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banyuwangi?
Tujuan penelitian:1) Mendeskripsikan proses implementasi kegiatan kolase biji-bijian dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banyuwangi.2) Mendeskripsikan hambatan kegiatan kolase biji-bijian dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banyuwangi.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan lokasi penelitian ini TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Muncar Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan, 1) Proses implementasi kegiatan kolase biji-bijian dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banyuwangi adalah merancang kegiatan kolase biji-bijian, menyiapkan alat dan bahan, guru mengondisikan siswa dengan baik, memberi arahan dan contoh agar anak memahami apa yang mereka harus lakukan, selanjutnya terdapat proses anak dalam kegiatan kolase yaitu: memberikan lem, mencuci tangan, mulai menempel biji-bijian, setelah itu maju ke depan untuk menunjukkan hasil karyanya kepada guru. 2) Hambatan kegiatan kolase biji-bijian dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banyuwangi adalah anak merasa kesulitan saat mengambil biji-bijian, anak kurang sabar dan ingin cepat selesai, anak belum memahami cara menggunakan lem dengan benar, anak kurang tertarik dengan kegiatan kolase.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Quriana Firda Wakhida
Date Deposited: 19 Dec 2024 07:32
Last Modified: 19 Dec 2024 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38146

Actions (login required)

View Item View Item