Sholeha, Siti Indiatus (2024) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAIdBP) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA DI SMAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
SKRIPSI_INDI_ NEW watermark.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Mata
Pelajaran PAIdBP, Menumbuhkan Karakter Siswa
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk
mendorong tercapainya profil pelajar pancasila melalui pembelajaran berbasis
proyek untuk membangun karakter yang dijabarkan dalam profil pelajar pancasila.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terdiri dari enam dimensi
diantaranya, (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak
mulia, (2) mandiri, (3) bergotong royong, (4) berkebhinekaan global, bernalar
kritis, dan (6) kreatif. Dari enam dimensi tersebut menunjukkan bahwa profil
pelajar pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap
dan perilaku sesuai dengan nilai pancasila.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada mata pelajaran PAIdBP
dalam menumbuhkan karakter bergotong royong siswa di SMAN 1 Jember tahun
pelajaran 2023/2024? (2) Bagaimana implementasi Proyek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P5) pada mata pelajaran PAIdBP dalam menumbuhkan
karakter mandiri siswa di SMAN 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024?.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada mata pelajaran PAIdBP
dalam menumbuhkan karakter bergotong royong siswa di SMAN 1 Jember tahun
pelajaran 2023/2024, (2) Untuk mendeskripsikan implementasi Proyek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila (P5) pada mata pelajaran PAIdBP dalam menumbuhkan
karakter mandiri siswa di SMAN 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian
ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis
data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pengabsahan data peneliti menggunakan dua teknik
triangulasi yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Kesimpulan penelitian ini: (1) implementasi Proyek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P5) pada mata pelajaran PAIdBP dalam menumbuhkan karakter
bergotong royong siswa di SMAN 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024 yakni
dengan dibentuknya activity group jadi siswa nanti akan bekerja sama dalam
melakukan proyek ini. (2) implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) pada mata pelajaran PAIdBP dalam menumbuhkan karakter
mandiri siswa di SMAN 1 Jember tahun pelajaran 2023/2024 yakni siswa secara
mandiri membuang sampah pada tempatnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Indiatus Sholeha |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:19 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38148 |
Actions (login required)
View Item |