Strategi quality control dalam meraih akreditasi unggul di sekolah menengah pertama negeri 2 arjasa

Rahmansyah, Arif Eka (2024) Strategi quality control dalam meraih akreditasi unggul di sekolah menengah pertama negeri 2 arjasa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negri Kh Achmad siddiq jember.

[img] Text
ARIF EKA RAHMANSYAH_202101030049.pdf

Download (6MB)

Abstract

Urgensi Quality Control dilakukan karena adanya penemuan strategi
quality control sangat penting dalam meraih akreditasi unggul di sekolah karena
melalui proses ini, sekolah dapat memastikan bahwa seluruh aspek pendidikan,
manajemen, dan fasilitas sekolah memenuhi standar yang ditetapkan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi quality
control dalam meraih akreditasi unggul di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Arjasa? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi quality control dalam meraih
akreditasi unggul di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa? 3) Bagaimana
evaluasi strategi quality control dalam meraih akreditasi unggul di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa? 4) Bagaimana tindakan strategi quality
control dalam meraih akreditasi unggul di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Arjasa?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
sistematik, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Kemudian, teknik
analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan tehnik,
seperti memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi
data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Merencanakan strategi, kepala
sekolah berusaha meningkatkan mutu lulusan dengan menerapkan tata tertib
sekolah untuk bisa membudidayakan prilaku disiplin peserta didik. 2)
Melaksanakan kegiatan, kepala sekolah berusaha meningkatkan aspek yang
menunjang proses pembelajaran agar bisa berlangsung dengan aktif dan dapat
mengembangkan keterampilan berfikirnya dengan metode ajar yang berbeda yang
dilakukan oleh tenaga pendidik. 3) Melakukan evaluasi, kepala sekolah menyusun
perencanaan agar guru bisa mengerti bagaimana membuat peerencanaan
pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif. 4) Manajemen tindakan, kepala
sekolah mengembangkan, mensosialisasikan dan mengevaluasi visi misi dan
tujuan sekolah untuk perbaikan dan peningkatan mutu sekolah,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Unnamed user with email arifeka1509@gmail.com
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:21
Last Modified: 19 Dec 2024 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38175

Actions (login required)

View Item View Item