Muhith, Abd Model kurikulum pembelajaran terpadu. Islamic Akademika; Jurnal Pendidikan dan Keislaman. ISSN 1907-8013 (Print) 2354-6220 (Online) (Unpublished)
|
Text
Model kurikulum pembelajaran terpadu.pdf - Published Version Download (533kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perkembangan dan perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman tersebut. Atas dasar tuntutan mewujudkan masyarakat seperti itu diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan, kesehatan, keterampilan dan seni. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang. Dengan demikian, peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran dan atau pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Oleh karena itu diperlukan kurikulum madrasah ibtidaiyah yang berbasis pada kompetensi peserta didik. Namun pada tataran praktis tidak semua penyelenggara pendidikan dapat memahami kurikulum yang sesuai dengan perkembanagn zaman dan kebutuhan peserta didik, bahkan ada yang belum mengerti terhadap konsep kurikulum dan implementasinya, termasuk model kurikulum pembelajaran terpadu, sehingga kurikulum tidak banyak memeiliki pengaruh positif.
Berpijak dari kondisi tersebut di atas, penulis mencoba untuk menguraikan model kurikulum pembelajaran terpadu, sehingga dapat menjadi salah satu tambahan pengetahuan untuk mengelolah pendidikan pada madrsah ibtidaiyah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pembelajaran Terpadu |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Haryono Raiman |
Date Deposited: | 06 May 2019 02:47 |
Last Modified: | 06 May 2019 04:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/382 |
Actions (login required)
View Item |