Pengenbangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMP Al-Hamidi Lumajang

Fitriyani, Ulfa (2024) Pengenbangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMP Al-Hamidi Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulfa Fitriyani_202101100011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di SMP Islam Al-Hamidi Lumajang yang merupakan sekolah yang dibuat peneliti sebagai tempat penelitian. Setelah melakukan observasi, peneliti menemukan bahwasnya disana masih menggunakan metode ceramah sebagai salah satu media pembelajaran dan siswa mengacu pada LKS, yang membuat sebagian peserta didik kesulitan untuk memahami materi yang telah di ajarkan, lebih tepatnya mata pelajaran IPA materi sistem gerak pada manusia. Oleh karena itu, peneliti ingin menerapkan bahan ajar berbasis Flipbook yang bertujuan meningkatkan pemahaman, aktivitas, dan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan 1). Mendeskripsikan hasil validasi dari pengembangan bahan ajar berbasis Flipbook pada pembelajaran IPA materi sistem gerak pada manusia kelas VIII di SMP Islam Al-Hamidi Lumajang. 2). Mendeskripsikan tanggapan atau respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis Flipbook pada pembelajaran IPA materi sistem gerak pada manusia kelas VIII di SMP Islam Al-Hamidi Lumajang.
Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D diantaranya: Define, Design, Development, dan Disseminate. Namun karena keterbatasan waktu, peneliti ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Hamidi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar angket validasi ahli materi, ahli media, validasi praktisi (guru), serta lembar penilaian respon peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif, kuantitatif, dan kualitatif untuk mengetahui kevalidan bahan ajar yang dikembangkan.
Hasil validasi menunjukkan bahwa 1). Bahan ajar berbasis Flipbook yang dikembangkan berada dalam kategori “sangat valid” untuk di uji cobakan dengan tanpa revisi, nilai yang diberikan ahli materi 88% dan 86% dari ahli media. Sedangkan validasi yang dilakukan oleh praktisi (guru) memperoleh nilai 89% yang artinya media pembelajaran berbasis Flipbook “sangat valid” untuk di uji cobakan dengan tanpa adanya revisi. 2). Respon peserta didik juga sangat positif yang mempunyai nilai rata-rata 92,6% untuk uji coba skala kecil dengan jumlah siswa 15 orang dan 93% untuk uji coba skala besar dengan jumlah siswa 30 orang, yang menunjukkan bahwasanya bahan ajar berbasis Flipbook terbukti “sangat valid” untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi sistem gerak pada manusia untuk siswa kelas VIII SMP Islam Al-Hamidi Lumajang termasuk kategori “sangat menarik”. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi dalam bahan ajar pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ulfa Fitriyani
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:31
Last Modified: 19 Dec 2024 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38201

Actions (login required)

View Item View Item