Santi, Gina Aghniya Adjani (2024) PEMANFAATAN MEDIA CANVA PADA ASESMEN SUMATIF BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH AT-TAUFIQ SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.
Text
Gina Aghniya Adjani Santi _204101010082.pdf Download (5MB) |
Abstract
Gina Aghniya Adjani Santi, 2024: “Pemanfaatan Media Canva pada Asesmen
Sumatif Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Quran Hadis di
Madrasah Tsanawiyah At-Taufiq Singaraja.”
Kata Kunci: Media Canva, Asesmen Sumatif, Lembar Kerja Peserta Didik,
Al Quran Hadis
Pada penerapan kurikulum merdeka, asesmen sumatif menjadi hal yang
wajib dilaksanakan pada proses pembelajaran. Asesmen sumatif bertindak sebagai
refleksi dalam menentukan tujuan pembelajaran. Hal ini menjadikan guru agar
lebih inovatif untuk mengelola kegiatan pembelajaran dan asesmen di dalam
kelas. Adapun pelaksanaan asesmen sumatif di lokasi penelitian, guru
memanfaatkan media Canva berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD),
khususnya pada mata pelajaran Al-Quran Hadis yang diterapkan di Madrasah
Tsanawiyah. At-Taufiq Singaraja.
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tentang 1).
perencanaan pemanfaatan media Canva pada asesmen sumatif berbasis lembar
kerja peserta didik mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah AtTaufiq Singaraja, 2). pelaksanaan pemanfaatan media Canva pada asesmen
sumatif berbasis lembar kerja peserta didik mata pelajaran Al-Quran Hadis di
Madrasah Tsanawiyah At-Taufiq Singaraja, 3). pengolahan dan tindak lanjut
pemanfataan media Canva pada asesmen sumatif berbasis lembar kerja peserta
didik mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah At-Taufiq
Singaraja.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
jenis pendekatan studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian, yakni teknik
purposive dengan teknik pengumpulan data yakni: 1). observasi, dalam kegiatan
ini peneliti berusaha mengumpulkan data berupa kegiatan pelaksanaan asesmen
hingga pada tahapan pengolahan dan tindak lanjut 2). wawancara, Adapun dalam
kegiatan wawancara ini peneliti memilih kepala sekolah, waka kurikulum, guru
mata pelajaran Al-Quran Hadis dan tiga siswa sebagai narasumber, serta 3).
Dokumentasi, dalam teknik ini peneliti mendapatkan modul ajar, contoh soal
dalam lembar kerja peserta didik, hingga hasil pengerjaan soal asesmen sebagai
bentuk kelengkapan data penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan model Milles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pada tahap perencanaan
pemanfaatan media canva pada asesmen sumatif berbasis lembar kerja peserta
didik mata pelajaran Al-Quran Hadis, guru mengidentifikasi kompetensi siswa,
kemudian menyiapkan modul ajar, 2). Pada tahap pelaksanaan guru memberikan
instruksi, pengerjaan dan pelaksanaan asesmen sumatif. 3). Pada tahap
pengolahan dan tindak lanjut dapat diketahui guru melaksanakan pengoreksian,
memberikan feedback dan refleksi, penskoran serta pengayaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SKRIPSI Gina aghniya adjani Santi |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:00 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38257 |
Actions (login required)
View Item |