Arrohuli, Firman (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 1 MUMBULSARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
FIRMAN ARROHULI_T201910066_TADRISIPA.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMPN 01 Mumbulsari, yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional saat proses pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh. Salah satu alternatif yang diharapkan akan menjadi solusi adalah model pembelajaran contextual teaching and learning yang dapat menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa selama proses pembelajaran berlangsung sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.
Rumusan masalah dalam penenlitian ini adalah: Adakah pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMPN 01 Mumbulsari tahun pelajaran 2023/2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh model pembelajaran contextual tecahing and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMPN 01 Mumbulsari tahun pelajaran 2023/2024.
Penenlitian ini adalah penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sample T-Test.
Berdasarkan hasil uji Independen Sample T-Test kognitif diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai hasil pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kontrol, yang artinya H₀ ditolak Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan kelas VIII SMPN 01 Mumbulsari tahun pelajaran 2023/2024.
Kata kunci:Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning,Hasil Belajar, Sistem Pernapasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060699 Physiology not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Mr Firman Arrohuli |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 02:16 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 02:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38278 |
Actions (login required)
View Item |