Fitriani, Safina (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTs NEGERI 03 TANGGUL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Safina Fitriani_202101090025.pdf Download (7MB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di MTs Negeri 03 Tanggul Jember pada kelas VII A, ditemukan indikator hasil belajar pada siswa saat mengikuti pembelajaran antara lain: Kurangnya motivasi belajar, pelajaran yang kurang menarik , tidak adanya feedback dari siswa terkait materi yang belum dipahami, nilai harian yang diperoleh siswa belum mencapai KKM, antusias siswa dalam tanya jawab saat pembelajaran masih rendah. Terkait permasalahan yang ditemukan, dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Apakah model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A pada pembelajaran IPS di MTs Negeri 03 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada siwa kelas VII A di MTs Negeri 03 Tanggul Jember pada pembelajaran IPS.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang dilakukan secara berulang dengan langkah yang sama, serta difokuskan dengan menggunakan model pembelajaran (Think-Pair-Share) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi hasil belajar siswa dan tes soal (pretest dan posttest). Kemudian analisis data menggunakan rumus presentase klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwasannya hasil belajar peserta didik meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share). Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 25% pada siklus I, menjadi 80% pada siklus II, mengalami peningkatan 65%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A pada pembelajaran IPS di MTs Negeri 03 Tanggul Jember pada tahun pelajaran 2024/2025 dan tetap dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas VII A MTs
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mis Safina Fitriani |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 02:47 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 02:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38280 |
Actions (login required)
View Item |