Model pemasaran jasa pendidikan

Muhith, Abd Model pemasaran jasa pendidikan. In: Workshop. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Model pemasaran jasa pendidikan.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan istilah yang familier dalam dunia usaha dan bisnis, pemikiran masyarakat tentang pemasaran tentu akan tertuju bagaimana barang atau jasa laku keras dan mendapatkan keuntungan yang banyak, dalam konteks pendidikan pemasaran bukan merupakan aktivitas bisnis, agar lembaga pendidikan mendapatkan siswa yang banyak dan bukan mengharapkan finansial dari jasa yang telah diberikan, akan tetapi pemasaran pendidikan merupakan suatu tanggung jawab lembaga pendidikan kepada masyarakat, mengenai jasa yang akan, sedang, dan sudah diberikan. Kemudian maraknya kompetisi lembaga pendidikan yang menawarkan jasa keunikan, kenggulan, biaya terjangakan, dan gratis biaya, menjadi fenomena tersendiri dalam dunia pendidik, sehingga istilah pemasaran pendidikan tidak lagi identik dengan keuntungan, yang akhirnya istilah pemasaran pendidikan sudah bukan merupakan sesuatu yang tabu.
Berbicara masalah pemasaran pendidikan, tentu perlu belajar untuk memuaskan pengguna jasa pendidikan, dari kajian terhadap literatur kualitas jasa dan kepuasan pelanggan yang lakukan oleh Santos dan Boote (2003) dari 56 definisi ekspektasi pelanggan, kemudian diklasifikasikan menjadi sembilan kelompok yang disusun dalam bentuk hirarki ekspektasi, yaitu: ideal expectation, normatif (should) expectation (persuasion-based standard), desired expectation, predicted (will) expectation (experien –based norm), deserved (want) expectation, adequate expectation, minimum toleran expectation, intoleran expectation, dan worst imaginable expectation.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model Pemasaran, Jasa Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 06 May 2019 02:50
Last Modified: 06 May 2019 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item