Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Qur`an Hadits Bagi Siswa MTs Al-Qodiri 1 Jember

FATHOR ROHMAN, - (2021) Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Qur`an Hadits Bagi Siswa MTs Al-Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
FATHOR ROHMAN_T20151317.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fathor Rohman, 2020, Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Qur`an Hadits Bagi Siswa MTs Al-Qodiri 1 Jember Dalam upaya untuk menghadapi tantangan global sekarang ini maka hal yang diperlukan adalah dengan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan juga ditekankan oleh Negara-negara Asia Tenggara. Upaya peningkatan mutu pendidikan lebih difokuskan kepada aparat pendidikan (guru, kepala sekolah, tenaga administrasi, komite sekolah dan siswa). Dewasa kini, pemanfaatan media dalam pembelajaran bagi siswa ataupun guru sangatlah penting guna menghadapi era milenial yang tentunya dipenuhi dengan alat canggih digital, siswa pun harus mampu dan mengerti untuk mengoprasionalkan media teknologi yang ada. Jika tidak demikian mereka akan tenggelam dan termakan oleh zaman yang penuh dengan kecanggihan dan persaingan yang sangat ketat dalam bidang tekhnologi informasi. Fokus dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pemanfaatan media dalam pembelajaran qur`an hadits bagi siswa MTs Al-Qodiri 1 Jember. 2) Apa faktor penghambat pemanfaatan media dalam pembelajaran qur`an hadits bagi siswa MTs Al-Qodiri 1 Jember. 3) Bagaimana solusi dari hambatan-hambatan pemanfaatan media dalam pembelajaran qur`an hadits bagi siswa MTs Al-Qodiri 1 Jember. Penelitian menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian study kasus serta penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yiatu dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari riset ini adalah: 1) Guru maupun siswa memanfaatkan media dalam pembelajaran qur`an hadits seperti mutimedia, media elektronik/audio diantaranya komputer, laptop, pengeras suara, LCD, serta memanfaatkan free wifi dan paket data secara gratis untuk menambah bahan ajar dan pengetahuan. 2) Faktor penghambatnya ialah fasilitas yang kurang lengkap, guru dan siswa masih ada yang gagal paham dengan media pembelajaran, keterbatasan waktu ketika pembelajaran. 3) Solusinya ialah madrasah harus melengkapi fasiltas yang kurang, melakukan pelatihan atau diskusi bagi guru yang masih belum menguasai pengguaan media dalam pembelajaran qur`an hadits, diskusi teman sebaya bagi siswa yang tidak paham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:16
Last Modified: 21 Apr 2022 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item