Strategi Kepala Sekolah Sebagai Inovator Dalam Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso.

MUHAMMAD, MUTAWAKKIL (2021) Strategi Kepala Sekolah Sebagai Inovator Dalam Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendididkan Islam.

[img] Text
Muhammad Mutawakkil_T20163036.pdf

Download (6MB)

Abstract

Muhammad Mutawakkil, Siti Aminah, 2021: Strategi Kepala Sekolah Sebagai Inovator Dalam Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Inovator, Budaya Religius Keberhasilan dalam membentuk serta mewujudkan sebuah sekolah yang unggul dan memiliki nilai lebih dibandingkan sekolah lain maka diperlukan sebuah inovasi dari kepala sekolah. Inovasi sering dilakukan mulai dari skala personal, kelembagaan, bahkan kebijakan. Peran kepala sekolah sebagai inovator harus memiliki strategi yang tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungannya, melalui sebuah kebiasaan yang akan menjadi budaya di sekolah. Budaya organisasi dapat terbentuk dan berkembang di sekolah apabila kepala sekolah memiliki pola pikir yang kreatif, integratif, keteladanan dan konstruktif terhadap kemerosotan moral generasi muda saat ini. Salah satunya adalah melalui pembiasaan dalam kehidupannya seperti religius, jujur, disiplin, toleransi, kerja keras, cinta damai, tanggung jawab dan lain sebagainya. Adapun fokus masalah ini adalah: 1). Bagaimana bentuk kreativitas kepala sekolah sebagai inovator dalam mengembangkan budaya religius di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso? 2). Bagaimana bentuk integratif kepala sekolah sebagai inovator dalam mengembangkan budaya religius di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso? 3). Bagaimana bentuk keteladanan kepala sekolah sebagai inovator dalam mengembangkan budaya religius di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso. Subyek penelitian meliputi kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kreativitas kepala sekolah dibuktikan dengan beberapa program keagamaan yang telah diselenggarakan seperti rutinitas mengaji sebelum melaksanakan proses belajar mengajar, shalawatan kerumah siswa dan wali murid yang dinamakan anjangsana, menginap di pesantren yang disebut Pesan Mama dan shalat berjamaah. 2) Bentuk integratif kepala sekolah diterapkan dalam sebuah program keagamaan yang melibatkan semua unsur lembaga tanpa harus membedakan pangkat atau jabatan yang dimiliki. 3) Bentuk keteladanan kepala sekolah dilakukan dengan cara menghadiri kegiatan dengan tepat waktu, selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan sekolah, selalu berkomunikasi dengan kata-kata yang sopan santun dan lemah lembut serta menjalin silaturrahmi kepada wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:20
Last Modified: 21 Apr 2022 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3832

Actions (login required)

View Item View Item