Pembelajaran Membaca dengan Menggunakan Strategi Know Want Learned Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2019/2020.

Feri, Surdian (2020) Pembelajaran Membaca dengan Menggunakan Strategi Know Want Learned Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Feri Surdian_T20154084.pdf

Download (5MB)

Abstract

Feri Surdian. 2020. Pembelajaran Membaca dengan Menggunakan Strategi Know Want Learned Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2019/2020. Kemampuan pemahaman membaca merupakan bekal dan kunci keberhasilan dalam menjalankan proses pendidikan. Sebagian besar pemerolehan ilmu dilakukan melalui aktivitas membaca. Ilmu yang diperoleh tidak hanya didapat dari proses belajar mengajar di sekolah, tetapi juga melalui kegiatan membaca dalam kehidupan sehari-hari. berdasarkan hasil pengamatan penulis di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger ditemui gejalagejala atau fenomena sebagai berikut: a. Dari 25 hanya 9 orang siswa yang mampu memahami teks bacaan dalam sebuah cerita. b. Apabila guru melemparkan pertanyaan yang menyangkut tentang teks bacaan dalam sebuah cerita, terlihat hanya 9 orang siswa yang mampu menjawab. c. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi cerita, hanya 8 orang siswa yang mampu mendeskripsikannya di depan kelas. d. Sulitnya siswa menemukan kalimat yang penting dalam sebuah cerita, hal ini terlihat apabila diberikan tugas ulangan harian, hanya 9 orang siswa yang dapat menjawabnya. e. Sulitnya siswa menyimpulkan isi sebuah cerita, hal ini terlihat apabila diminta untuk menyimpulkan isi sebuah cerita hanya sebagian kecil siswa yang dapat menyimpulkan isi sebuah cerita. Sehingga guru menerapkan strategi KWL untuk meningkatakan kemampuan pemahaman siswa dalam membaca. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi Know Want Learned kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?,(2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi know want learned dalam peningkatan kemampuan pemahaman membaca kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi Know Want Learned kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi Know Want Learned kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi Know Want Learned kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi Know Want Learned kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk menjawab fokus penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Adapun ix analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation, data display, dan conclusion drawing/verivications. Keabsahan data menggunakan triangulasi triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi Know Want Learned . a) perencanaan pembelajaran membaca menggunakan RPP yang dibuat oleh wali kelas dan di setujui oleh kepala sekolah, untuk pembuatan RPP bersama TIM KKG namun untuk penerapannya masih di sesuaikan dengan karakter siswa masing-masing kelas, dan untuk jadwal pembelajaran membacanya disisipkan pada waktu pembelajaran. b) perencanaan strategi KWL guru hanya menyiapkan buku bacaan untuk menerapkannya dengan melatih apa yang akan di pelajari, apa yang ingin dipelajari, dan apa yang telah dipelajari. (2) Pelaksanaan pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi KWL (Know Want Learned). a) pembelajaran terdapat tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. b) langkah-langkah pelaksanaan strategi KWL, guru memberikan buku cerita bergambar dan menanyakan apa yang akan kita pelajar? Selanjutnya guru menanyakan apa yang ingin kita pelajari? Atau apa yang ingin kita tahu dari bacaan? siswa membaca dan membuat sebuah pertanyaan, dan yang terahir yaitu guru menanyakan apa saja yang telah kita pelajari?. (3) evaluasi pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi Know Want Learned. pada evaluasi pemahaman membaca pendidik mengguanakan tes tulis dan lisan, a) tes tulis: dapat diambil dari buku LKS dan dilaksanakan sewaktu-waktu, b) tes lisan: dilaksanakan sewaktu-waktu di sela pembelajaran. Dengan soal diambil dari kegiatan belajar siswa saat membaca buku bacaan. Di buat oleh guru, Dan dengan demikin hasil dari penerapan strategi ini cukup memuaskan dilihat dari nilai siswa dan pemahaman siswa saat menjawab dan mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:32
Last Modified: 26 Apr 2022 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3833

Actions (login required)

View Item View Item