Selvi Wildatul, Hamidah (2024) Analisis Strategi Dan Model Bisnis Seoulinbox Ditinjau Dari Pendekatan BMC (Business Model Canvas), SWOT, Dan Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Selvi Wildatul Hamidah_212105020023.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fenomena Korean Pop saat ini sering menjadi bahan pembahasan. Banyak dari penggemar Kpop yang sampai suka mengoleksi merchandise idol Kpop kesukaan mereka. Sebagian besar penggemar lebih memilih menggunakan jasa Group order dalam pembelian merchandise Kpop karena dianggap lebih mudah daripada membeli sendiri secara mandiri. Group order juga sering jadi perbincangan penggemar Kpop di media sosial karena mudah dalam membangun dan mengembangkan usaha tersebut. Namun, Group order Seoulinbox memiliki cara pengembangan usaha yang cukup kompleks.
Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana model rancangan bisnis yang dikembangkan oleh GO Seoulinbox melalui pendekatan Busines Model Canvas (BMC)? 2) Bagaimana strategi bisnis yang digunakan oleh GO Seoulinbox melalui pendekatan analisis SWOT? 3) Bagaimana rancangan dan strategi bisnis pada GO Seoulinbox dalam perspektif ekonomi Islam?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui model rancangan bisnis yang dikembangkan oleh usaha GO Seoulinbox dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas. 2) Untuk mengetahui strategi bisnis yang digunakan oleh usaha GO Seoulinbox dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. 3) Untuk mengetahui rancangan dan strategi bisnis pada GO Seoulinbox dalam perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis netnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis Model Miles and Huberman dengan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) dengan menggunakan Business Model Canvas GO Seoulinbox sudah memiliki model rencangan pengembangan usaha menggunakan 9 indikator berupa Key Partnerships, Key Activities, Value Propositions, Customer Reationship, Customer Segment, Key Resources, Channel, Cost Structure, Revenue Streams. 2) dari hasil analisis SWOT GO Seoulinbox memiliki 4 strategi alternative yang dapat digunakan yakni strategi S-O, W-O, S-T, dan W-T. 3) dari model rancangan dan strategi bisnis tersebut dalan tinjauan perspektif ekeonomi Islam telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang meliputi prinsip Tauhid, Akhlak, Kebebasan Individu, Keseimbangan, dan Keadilan.
Kata kunci: Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT, Ekonomi Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Selvi Wildatul Hamidah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 03:24 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 03:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38348 |
Actions (login required)
View Item |