Niar Laila, Ningrum (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan terhadap Minat Kunjung Mahasiswa di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun Kunjungan 2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
Niar Laila Ningrum_T20173026.pdf Download (8MB) |
Abstract
Niar Laila Ningrum, 2021: Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan terhadap Minat Kunjung Mahasiswa di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun Kunjungan 2019. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Minat Kunjung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sarana perpustakaan yang merupakan pusat informasi dan sumber belajar yang memberikan jasa layanannya untuk memberikan kemudahan dan kelancaran dalam memenuhi kebutuhan setiap penggunanya. Penilaian pengguna terhadap tingkat layanan yang diterima dibandingkan dengan tingkat layanan yang diharapkan disebut dengan kualitas pelayanan. Sehingga keinginan atau minat berkunjung dapat timbul karena kualitas pelayanan. Dalam penelitian ini terdapat beberapa rumusan masalah diantaranya adalah: 1) Bagaimana kualitas pelayanan perpustakaan di perpustakaan IAIN Jember tahun kunjungan 2019? 2) Bagaimana minat kunjung mahasiswa di IAIN Jember tahun kunjungan 2019? 3) Adakah pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung mahasiswa di perpustakaan IAIN Jember tahun kunjungan 2019? Kemudian tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan perpustakaan dan minat kunjung di perpustakaan IAIN Jember tahun kunjungan 2019 serta untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung mahasiswa di perpustakaan IAIN Jember tahun kunjungan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan metode penelitian survey yang dilakukan di Perpustakaan IAIN Jember. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa pengunjung perpustakaan tahun kunjungan 2019 yang berjumlah 10.309 Mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 385 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS version 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan di perpustakaan IAIN Jember berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 79%, 2) Minat kunjung mahasiswa di perpustakaan IAIN Jember berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 60%, 3) Sehingga memproleh kesimpulan yakni terdapat pengaruh yang positif kualitas pelayanan terhadap minat kunjung di perpustakaan IAIN Jember. Yakni dengan berdasarkan hasil thitung = 5,803 > ttabel = 1,966 dengan p = 0,000 < 0,05. dengan besar pengaruh 8,1%. Sedangkan sisanya 91,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:32 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3835 |
Actions (login required)
View Item |