Jannah, Annas Tasya Zarotu (2024) Pengaruh Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Persepsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Annas Tasya Zarotu Jannah_211101030024.pdf Download (16MB) |
Abstract
Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dirilis pada tahun 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan dunia kerja melalui program-program seperti magang, KKN, dan asistensi mengajar. Meskipun kebijakan ini diharapkan meningkatkan kompetensi lulusan, pelaksanaannya di UIN KHAS Jember baru mencakup dua program dan masih menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan kuota dan biaya hidup. Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang beragam, di mana sebagian mendukung karena manfaat dalam pengembangan keterampilan, sementara yang lain merasa terkendala oleh faktor eksternal seperti biaya dan ketidak yakinan terhadap dampak program tersebut.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini terkait bagaimana pengaruh kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap persepsi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan juga bagaimana implikasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap persepsi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Dimana hal tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dan implikasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap persepsi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix methods (metode campuran) yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian sequental explanatory yaitu jenis penelitian dimana data kuantitatif menjadi data utama dan data kualitatif menjadi data pendukung. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t-test regresi linear sederhana.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kebijakan MBKM dan persepsi mahasiswa FTIK, dengan jumlah 33,1% yang tergolong kategori lemah. Akibat dari lemahnya pengaruh yang didapatkan, menyebabakan lemahnya persepsi mahasiswa. Penyebab dari lemahnya pengaruh tersebut disebabkan proses seleksi MBKM yang tidak relevan dengan kebutuhan MBKM , buku pedoman yang belum ada revisi pada tahun 2024, keterbatasan pilihan program MBKM dan kuota MBKM, serta sosialisasi dan informasi yang kurang dari pihak FTIK sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman baik dari dosen maupun mahasiswa.
Kata kunci: kebijakan merdeka belajar kampus merdeka, persepsi mahasiswa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Annas Tasya Zarotu Jannah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:37 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38363 |
Actions (login required)
View Item |