Idah, Alma (2024) Responsibility Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Almaidah_201101030043..pdf Download (2MB) |
Abstract
Almaidah, 2024: “Responsibility Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah
Negeri Bondowoso”.
Kata Kunci: Responsibility, Tenaga Kependidikan.
Tanggung jawab tenaga kependidikan di lembaga pendidikan sangat
penting karena tenaga kependidikan merupakan sumber daya manusia yang
semangat berperan penting dalam menunjang kenaikan mutu sebuah lembaga
pendidikan. Hal tersebut juga berpengaruh pada sumber daya manusia yang ada di
lembaga itu sendiri yang mana, disetiap lembaga pendidikan masih banyak yang
harus diberi pengembangan terutama untuk tenaga kependidikan yang ada
disekolah. Pada dasarnya tenaga kependidikan telah dibekali dengan sejumlah
kompetensi, kompetensi tersebut yakni kompetensi personal dan kompetensi
profesional. Berdasarkan fenomena tersebut tenaga kependidikan di Madrasah
Aliyah Negeri Bondowoso melaksankan tugas dan tanggung jawabnya
berdasarkan aspek professional, aspek moral dan juga aspek sosial.
Rumusan masalah dalam penelitan ini yaitu: (1) Bagaimana Responsibility
Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?, (2) Bagaimana
persepsi siswa tentang Responsibility Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah
Negeri Bondowoso?, (3) Bagaimana persepsi guru tentang Responsibility Tenaga
Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan tentang
Responsibility Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso, (2)
Mendeskripsikan persepsi siswa tentang Responsibility Tenaga Kependidikan di
Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso, (3) Mendeskripsikan persepsi guru tentang
Responsibility Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.
Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan mix methods yaitu
pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dan
penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini perolehan data diperoleh melalui dua
sumber yaitu kualitatif melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Sedangkan kuantitaif melalui angket (kuisioner).
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Responsibility Tenaga Kependidikan
sangat kompleks yang dilakukan dengan berdasarkan aspek profesionalisme,
aspek moral, dan juga aspek sosial. (2) Persepsi siswa tentang Responsibility
Tenaga Kependidikan adalah 63% setuju karena responsibility tenaga
kependidikan dilaksanakan tidak hanya secara aspek professional saja tetapi juga
aspek moral dan aspek sosial. (3) Persepsi guru tentang Responsibility Tenaga
Kependidikan adalah 57% setuju karena responsibility tenaga kependidikan
dilaksanakan tidak hanya secara aspek professional saja tetapi juga aspek moral
dan aspek sosial. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran
yaitu kepala sekolah sebagai pemimpin agar memberikan pembinaan dan evaluasi
yang lebih intens agar tenaga kependidikan bisa lebih disiplin dalam bekerja,
diadakan diklat/pelatihan secara terjadwal paling tidak 1 bulan sekali, tenaga
kependidikan perlu meningkatkan kompetensi digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Alma idah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:31 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38366 |
Actions (login required)
View Item |