Nurfadilatus Solehah, Sitti (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Ditinjau dari Big Five Personality di SMP Nuris Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
Skripsi Fadilah.pdf Download (5MB) |
Abstract
Sitti Nurfadilatus Solehah, 2024: Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Ditinjau dari Big Five Personality di SMP Nuris Jember
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pola Bilangan, Big Five Personality
Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan untuk menghasilkan ide baru dan solusi kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika. Setiap Siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-beda, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi yaitu kepribadian. Kepribadian Siswa dapat dilihat melalui teori Big Five Personality, yang meliputi lima dimensi kepribadian, yaitu extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticsm, dan openness. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki tipe kepribadian extraversion. 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki tipe kepribadian agreeableness, 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki tipe kepribadian conscientiousness, 4) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki tipe kepribadian neuroticsm dan 5) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki tipe kepribadian openness dalam menyelesaikan masalah pola bilangan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Nuris Jember. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh lima subjek, yang masing-masing mewakili tipe kepribadian extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket Big Five Personality, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan model Miles dan Huberman dengan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan tipe kepribadian extraversion memenuhi indikator kefasihan (fluency), sehingga berada pada tingkat 1 (kurang kreatif). 2) Siswa dengan kepribadian agreeableness memenuhi indikator kefasihan (fluency), sehingga berada pada tingkat 1 (cukup kreatif). 3) Siswa dengan kepribadian conscientiousness memenuhi indikator kebaruan (novelty), sehingga berada pada tingkat 2 (cukup kreatif). 4) Siswa dengan kepribadian neuroticsm tidak memenuhi semua indikator, sehingga berada pada tingkat 0 (tidak kreatif). 5) Siswa dengan kepribadian openness memenuhi semua indikator, yaitu kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelty), sehingga berada pada tingkat 4 (sangat kreatif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Sitti Nurfadilatus Solehah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 03:53 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 03:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38380 |
Actions (login required)
View Item |