Faiqotul Inas Balqis, - (2021) Internalisasi Nilai Karakter Religius pada Anak Penyandang Disabilitas Keterbelakangan Mental di Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakulktas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Faiqotul Inas Balqis_T20161024.pdf Download (10MB) |
Abstract
viii ABSTRAK Faiqotul Inas Balqis, 2021: Internalisasi Nilai Karakter Religius pada Anak Penyandang Disabilitas Keterbelakangan Mental di Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan Banyuwangi. Kata Kunci : Internalisasi, Nilai Karakter Religius, Disabilitas Keterbelakangan Mental Manusia diciptakan oleh Allah SWT itu sama yang membedakan hanyalah amal perbuatan dan kesehariannya. Pendidikan merupakan usaha mempersiapkan manusia yang sedang tumbuh dan berkembang menjadi manusia seutuhnya, yaitu utuh dalam potensi dan utuh dalam wawasan. Oleh karena itu, di pondok pesantren KH. Ahmad Dahlan Banyuwangi dalam menerapkan pendidikan karakter terhadap santri tidak hanya melalui ilmu pendidikan umum melainkan diterapkan juga ilmu pengetahuan agama seperti terapi dalam kegiatan keagamaan melalui nilai karakter religius. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi transformasi nilai karakter religius pada anak disabilitas keterbelakangan mental?, 2) Bagaimana strategi transaksi nilai karakter religius pada anak disabiitas keterbelakangan mental?, dan 3) Bagaimana strategi transinternalisasi nilai karakter religius pada anak disabilitas keterbelakangan mental? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan strategi transformasi nilai karakter religius pada anak disabilitas keterbelakangan mental. 2) Mendeskripsikan strategi transaksi nilai karakter religius pada anak disabiitas keterbelakangan mental. dan 3) Mendeskripsikan strategi transinternalisasi nilai karakter religius pada anak disabilitas keterbelakangan mental. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu; observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data secara interaktif dengan model Milles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi transformasi nilai karakter religius pada anak disabilitas keterbelakangan mental di pondok pesantren KH. Ahmad Dahlan ini ada beberapa yakni; keteladanan dan melakukan pembiasaan. 2) Strategi transaksi nilai karakter religius pada anak disabilitas keterbelakangan mental di pondok pesantren KH. Ahmad Dahlan dengan beberapa yakni; melakukan pengawasan dan memberikan nasihat. 3) Strategi transinternalisasi nilai karakter religius kepada anak disabilitas keterbelakangan mental di Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan Banyuwangi dengan beberapa yakni; memberikan teguran dan memberikan sanksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:33 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3839 |
Actions (login required)
View Item |