Ayu Agustin Nawiyah, Robi'ah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL – BADRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
Robi’ah Ayu Agustin Nawiyah_202101090052.pdf Download (4MB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Permasalahan muncul di lapangan saat proses
pembelajaran, karena guru tidak menggunakan media sehingga tidak dapat menarik perhatian siswa, siswa merasa bosan dan mengantuk, masalah tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Maka dari itu, peniliti ingin memperkenalkan dengan mengembangkan produk media pembelajaran WordWall
berbasis web.
Masalah yang diteliti ini adalah 1) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran WordWall pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di Mts Al Badri? 2) Apakah pengembangan media pembelajaran WordWall ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Al Badri?. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran WordWall jika diterapkan kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTs Al – Badri. 2) Untuk mengetahui meningkatan hasil belajar siswa dengan mengembangkan media pembelajaran WordWall pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di MTs Al Badri. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan model ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari 4 dosen (2 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli bahasa) dan siswa kelas VIII MTs Al – Badri tahun pelajaran
2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al – Badri Kalisat Jember. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Hasil rata-rata keseluruhan para validator diperoleh sebesar 86% dengan kategori sangat valid. sehingga media WordWall sangat layak diujicobakan kepada siswa. 2) Rata- rata hasil belajar siswa uji coba skala kecil diperoleh pretest 77,8 dan posttest 90 dan pada skala besar memproleh persentase sebesar hasil uji coba skala besar diperoleh pretest 66,8 dan posttest 89,3 yang termasuk dalam kriteria tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis WordWall ini layak diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Me Perpustakaan Robi'ah Ayu Agustin Nawiyah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 07:27 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 07:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38412 |
Actions (login required)
View Item |