STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN CHARACTER BUILDING SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 BANYUWANGI DI ERA DIGITAL

Tri Broto, Veronika Laras (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN CHARACTER BUILDING SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 BANYUWANGI DI ERA DIGITAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
VERONIKA LARAS TRI BROTO_202101030005.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Kepala Madrasah, Character Building
Penelitian ini berlatar belakang dari meningkatnya tantangan dalam
pembentukan karakter, yang ditandai dengan berbagai perilaku menyimpang di
kalangan pelajar. Pentingnya pembentukan karakter di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 10 Banyuwangi semakin mendesak mengingat perubahan sosial akibat
globalisasi dan perkembangan teknologi yang mempengaruhi perilaku peserta
didik. Kasus perundungan, seperti peristiwa menarik jilbab seorang siswi di
Lampung, mencerminkan kekurangan dalam pengembangan nilai-nilai positif di
kalangan pelajar. Oleh karena itu, perlu adanya strategi yang efektif dari kepala
madrasah untuk memperkuat karakter siswa melalui integrasi nilai-nilai Islam
dalam kurikulum serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh yang
signifikan dari penerapan strategi kepala madrasah terhadap character building
siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi di era digital dan bagaimana
hasil penerapan strategi kepala Madrasah dalam membangun penerapan character
building siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi di era digital.
Dengan tujuan untuk mengukur pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi
kepala madrasah terhadap character building siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri
10 Banyuwangi di era digital dan untuk mendeskripsikan hasil penerapan strategi
kepala madrasah dalam membangun penerapan character building siswa
Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi di era digital.
Metode yang digunakan adalah Mixed Methods jenis Sequential
Exploratory Design dengan menggunakan data kuantitatif sebagai data utama dan
data kualitatif sebagai data penjelas. Data kuantitatif diperoleh dari angket,
populasi dan sampel data kuantitatif yakni 60 peserta didik dengan pengambilan
sampel menggunakan random sampling serta pengujiannya menggunakan uji
regresi linier sederhana, sedangkan secara kualitatif dengan observasi, wawancara
dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari
penerapan strategi kepala madrasah terhadap character building siswadengan
perkembangan karakter di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi. Hal ini
didukung oleh hasil uji regresi linier sederhana yang menghasilkan nilai koefisien
determinasi (R Square) sebesar 0,185, yang berarti bahwa 18,5% variasi dalam
perkembangan karakter peserta didik dapat dijelaskan oleh variabel strategi
manajemen dalam membangun pembentukan karakter. Selain itu, data kualitatif
menunjukkan bahwa kepala madrasah telah berhasil menerapkan strategi
pembentukan karakter dengan mengintegrasikan nilai-nilai moral, etika, dan
spiritual dalam kurikulum, serta melibatkan peserta didik dalam kegiatan yang
mendukung pembentukan karakter. Penelitian ini menekankan pentingnya
pendekatan komprehensif dalam pendidikan untuk menghadapi tantangan zaman
yang terus berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Veronika Laras Tri Broto
Date Deposited: 23 Dec 2024 06:04
Last Modified: 23 Dec 2024 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38414

Actions (login required)

View Item View Item