nuzula, alfirdausi (2024) Penerapan Metode Yanbu'a Dalam Membaca Dan Menhafal Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Darul Hikam Tutul Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
1. Alfirdausi Nuzula_202101010006 watermark.pdf Download (7MB) |
Abstract
Alfirdausi Nuzula, 2024: Penerapan Metode Yanbu'a Dalam Membaca Dan
Menghafal Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Darul Hikam Tutul Balung Jember
Kata Kunci: Metode Yanbu'a, Membaca Al-Qur’an, Menghafal Al-Qur’an.
Al-Qur’an adalah firman Allah yang sangat mulia dan memberikan pahala
bagi siapa saja yang membaca dan menghafalkannya. Namun, dalam membaca
dan menghafal Al-Qur’an tidak selalu mudah dan seringkali ada tantangan yang
dihadapi. Meskipun demikian, hal ini bukanlah hambatan besar, karena sudah ada
berbagai metode yang dikembangkan untuk mempermudah dalam membaca serta
menghafal Al-Qur’an, salah satunya adalah Metode Yanbu’a. Metode ini
merupakan thariqah untuk membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an yang
dirancang untuk membantu dalam memperbaiki kualitas bacaan Al-Qur’an.
Teknik membaca dalam metode ini disesuaikan dengan aturan makhorijul huruf
agar setiap huruf dilafalkan secara tepat dan benar sesuai kaidah tajwid.
Fokus penelitian ini ada 2 yaitu: 1) Bagaimana Penerapan Metode Yanbu'a
Dalam Membaca Al-Qur'an Di Pondok Pesantren Darul Hikam Tutul Balung
Jember? 2) Bagaimana Penerapan Metode Yanbu'a Dalam Menghafal Al-Qur'an
Di Pondok Pesantren Darul Hikam Tutul Balung Jember?
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode
yanbu’a dalam membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Hikam Tutul
Balung Jember 2) Untuk Mendeskripsikan penerapan metode Yanbu’a dalam
menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Hikam Tutul Balung Jember
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles, Huberman dan Saldana
diantaranya: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian diantaranya: 1) dilakukan melalui perencanaan
dengan mempersiapkan alat peraga, absensi, dan perlengkapan pembelajaran.
Pelaksanaannya dimulai dengan guru membacakan materi, diikuti oleh santri
secara berulang hingga bacaan mereka benar. Selanjutnya, santri maju satu per
satu untuk dinilai bacaannya oleh ustadzah sesuai tingkatan jilid. 2) Penerapan
metode Yanbu'a dalam menghafal Al-Qur'an terbagi menjadi kelas hafalan materi
dan kelas hafalan Al-Qur'an. Ustadzah membacakan 3-4 kali lalu diikuti santri
hingga hafal, sedangkan kelas hafalan Al-Qur'an fokus pada penguatan hafalan.
Evaluasi dilakukan dengan penyetoran hafalan kepada ustadzah. Untuk pindah
juz, santri wajib muroja'ah hafalan sebelumnya dan disemak teman-temannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ALFIRDAUSI NUZULA |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:41 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 06:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38427 |
Actions (login required)
View Item |