IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHSIN DAN TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA SMA PLUS AL-AZHAR TEGAL BESAR KEC. KALIWATES KAB. JEMBER

Roziqi, Moh, (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHSIN DAN TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA SMA PLUS AL-AZHAR TEGAL BESAR KEC. KALIWATES KAB. JEMBER. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MOH. ROZIQI TESIS - Watermak.pdf

Download (6MB)

Abstract

Roziqi, Moh, 2024. Implementasi Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menghafal Al-qur’an Siswa SMA PLUS Al-Azhar Tegal Besar Kec. Kaliwates Kab. Jember. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Mursalim, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Drs. H. D. Fajar Ahwa, M.Pd,I

Kata Kunci: Implementasi, Tahsin dan Tahfidz, Al-qur’an.

Pendidikan tidak hanya bertujuan untuk sekedar memindahkan pengetahuan terhadap siswa. Tapi pendidikan membuat generasi yang bisa mengaplikasikan apa yang telah didapat selama proses pembelajaran, sehingga menciptakan manusia yang mempunyai karakter dalam mensejahterakan bangsa dan negara. Salah satu sekolah formal yang memuat Tahsin dan Tahfidz adalah SMA PLUS Al-Azhar. Pada awalnya SMA PLUS Al-Azhar ini mengadakan pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-qur’an sebagai bentuk antusias kepala sekolah dalam membina peserta didiknya untuk mencetak generasi yang peduli terhadap kalam-Nya serta berkeinginan untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik atau memberi bekal peserta didiknya melalui pembelajaran Al-qur’an yang cukup dari aspek pelafalan ataupun menghafal. Adapun program Tahsin dan Tahfidz ini juga menjadi program unggulan di SMA PLUS Al-Azhar.
Fokus penelitiannya adalah 1) bagaimana penerapan pembelajaran tahsin dan tahfidz dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-qur’an siswa SMA PLUS Al-Azhar. 2) bagaimana hasil dari penerapan pembelajaran tahsin dan tahfidz dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-qur’an siswa SMA PLUS Al-Azhar. Tujuan penelitiannya adalah 1) untuk menganalisis penerapan pembelajaran tahsin dan tahfidz dalam meningkatkan kemampuan membaca dan manghafal al-qur’an siswa SMA PLUS Al-Azhar. 2) untuk menganalisis hasil penerapan pembelajaran tahsin dan tahfidz dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-qur’an siswa SMA PLUS Al-Azhar.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive yaitu memilih informan yang berkaitan dengan penelitian, diantaranya: pengurus pondok, pendidik, dan santri. Analisis data menggunakan kondensasi, pemaparan data, penarikan dan verifikasi kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini 1) penerapan yang dilakukan guru meliputi perencanaanya dengan mempersiapkan RPP sederhana lalu mengkatagorikan siswa antara yang sudah bisa atau tidak, lalu penerapannya pembelajarannya, menggunakan metode yang bervariasi yakni metode sorogan atau klasikal, privat, menyiapkan media pembelajaran dan materi pelajarannya, evaluasi pembelajaran menggunakan dua evaluasi, yakni evaluasi proses dan hasil, evaluasi proses dengan dengan mengadakan tes lisan setelah pembelajaran, yang mana tes lisan dengan metode sorogan atau membaca Al-qur’an di depan pendidik , sedangkan evaluasi hasilnya seperti ujian tes tulis dan peraktek, tes tulisnya itu seperti. 2) Hasil penerapan pembelajaran tahsin dan tahfidz ini adalah, sangat baik siswa yang awalnya belum bisa membaca al-qur’an dengan baik bisa membaca al-qur’an dengan baik, bahkan siswa yang sudah bisa membaca dengan baik, maka dilanjukan ke katagori menghafal al-qur’an, dan saat ini sudah ada sebagian siswa yang sudah bisa menghafal hingga 5 juz.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MOH ROZIQI
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:14
Last Modified: 24 Dec 2024 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38428

Actions (login required)

View Item View Item