INDRA BASKORO, GEMILANG (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring di SMP Negeri 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
INDRA BASKORO GEMILANG_ T20161144.pdf Download (19MB) |
Abstract
Indra baskoro Gemilang, 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring di SMP Negeri 2 Banyuwangi. Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Pendidikan pada masa pandemi ini mempunyai peranan yang sangat penting terutama pendidikan agama Islam. Terjadinya wabah virus Covid -19 proses pembelajaran digantikan dengan pembelajaran dirumah atau pembelajaran daring sesuai dengan surat ederan No.421/1290/429.101/2019 tentang kewaspadaan dan pencegahan terhadap Covid�19, Dinas Pendidikan menghimbau kepada guru untuk melaksanakan kegiatan belajara mengajar secara daring. Daring yaitu Pelaksanaan pembalajaran yang dilakukan dirumah pada peserta didik akibat dari adanaya pandemi Covid-19. Fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring di SMP Negeri 2 Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring di SMP Negeri 2 Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring di SMP Negeri 2 Banyuwangi? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian etnografi atau lapangan (field research) dan penentuan subjek penelitian purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipasi pasif, Wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data pada penilitian ini ada dua macam: Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Dalam perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring di SMP Negeri 2 Banyuwangi yaitu, silabus dan RPP. Untuk penyusunan RPP terdiri dari dua RPP yaitu, RPP Offline dan RPP Online dengan menyusuaikan KI,KD sesuai silabus dari pusat. RPP offline digunakan untuk mempersiapkan apabila pembelajaran tatap muka dan RPP Online digunakan untuk pembelajaran secara daring. RPP dan silabus yang dibuat sesuai dengan prosedur pemerintah yaitu menggunakan kurikul K13. 2) Untuk pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring di SMP Negeri 2 Banyuwangi yang dilakukan guru PAI dalam penyampaian materi yaitu menggunakan aplikasi Google classroom, Google from, Zoom dan Youtube. Pelaksanaan selama pembelajaran daring guru membuat berupa link Google classrom yang diberikan kepada peserta didik di dalam google calasroom peserta didik membuat kelas dan mengelola kelas agar dalam pembelajaran daring tertata dengan maksimal. Materi yang diberikan selama pembelajaran daring ini guru memberikan link youtube terkait materi yang akan dipelajari, dan guru juga bisa menjelaskan materi kepeda peserta didik melalui media aplikasi Zoom. 3) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring di SMP Negeri 2 Banyuwangi. Pada evaluasi pembelajaran PAI menggunakan tes tulis. Terkait tes tulis guru memberikan soal kepada peserta didik yang dilaksanakan pada ujian tengah semester dan ujian semester. terkait ulangan harian guru memberikan link kepada peserta didik melalui aplikasi Google form dan Google classrom. terkait ujian praktek peserta didik membuat vidio, nanti vidio terserbut dikirim ke guru melalui e-mail atau Google form.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:42 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3844 |
Actions (login required)
View Item |