Sari, Putri Amalia (2024) PROSES MENGHAFAL AL-QUR’AN TINJAUAN PEMROSESAN INFORMASI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 260 PAI 2024)
SKRIPSI PUTRI AMALIA SARI 204101010034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Menghafalkan Al-Qur'an adalah proses pembelajaran yang sangat membutuhkan stimulus. Salah satu cara mengeksplorasi penghafalan Al-Qur'an adalah melalui penggunaan persepsi Teori Pemrosesan Informasi. Teori tersebut merupakan salah satu teori yang mengungkap proses pembelajaran kognitif utama yang meliputi pengkodean (encoding), penyimpanan (storage), dan bahkan pengambilan beberapa informasi (retrieval).
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses dalam menghafal Al-Qur’an? 2) Bagaimana proses menghafal Al-Qur’an ditinjau dari Teori Pemrosesan Informasi?
Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan kualitatif studi kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan: 1) Menghimpun literatur yang berkaitan dengan tema dan tujuan penelitian. 2) Mengklasifikasi buku-buku, dokumen-dokumen, atau sumber data lain. 3) Mengutip data-data yang sesuai dengan fokus penelitian lengkap dengan sumbernya sesuai dengan teknik sitasi ilmiah. 4) Melakukan konfirmasi atau cross-check data dari sumber utama atau dengan sumber lain untuk kepentingan validitas dan reliabilitas. 5) Mengelompokkan data berdasarkan sistematika penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teori, teriangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Proses menghafal Al-Qur’an erat kaitannya dengan teori pemrosesan informasi. Proses ini melibatkan tiga langkah utama, yaitu membaca, mendengar, dan menulis yang diikuti dengan pengulangan untuk menyimpan ayat-ayat ke dalam memori. 2) Dalam proses penerimaan stimulasi ketika seseorang mulai menghafal hingga menyimpan hafalan dalam jangka waktu yang lama sangat relevan dengan proses penyerapan informasi pada manusia. Hal ini sejalan dengan teori pemrosesan informasi yang menjelaskan adanya keterkaitan antara tahap penerimaan, pengolahan, dan penyimpanan informasi dalam menghafal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170201 Computer Perception, Memory and Attention |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Putri Putri Amalia Sari |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:37 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38451 |
Actions (login required)
View Item |