NABILA, ARIYANTI (2021) Implementasi Pendekatan Saintifik Berbasis Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
NABILA ARIYANTI_T20171151.pdf Download (18MB) |
Abstract
Nabila Ariyanti, 2020 : Implementasi Pendekatan Saintifik Berbasis Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 2 Banyuwangi. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Higher Order Thinking Skill Pendekatan Saintifik berbasis Higher Order Thinking Skill dapat mengantarkan peserta didik memiliki kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif dalam upaya menentukan keputusan dan memecahkan masalah pada situasi baru. SMPN 2 Banyuwangi merupakan sekolah yang menerapkan Pendekatan Saintifik berbasis HOTS. Belum ada penelitian yang membuktikan Implementasi Pendekatan saintifik berbasis HOTS khususnya dalam Pembelajaran PAI. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil dari Ipmlementasi Pendekatan Saintifik berbasis Higher Order Thinking Skill. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Pendekatan Saintifik berbasis Higher Order Thingking Skill dalam aspek Transfer Of Knowladge pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 2 Banyuwangi? 2) Bagaimana penerapan Pendekatan Saintifik berbasis Higher Order Thingking Skill dalam aspek Critical and Creative Thingking pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 2 Banyuwangi? 3) Bagaimana penerapan Pendekatan Saintifik berbasis Higher Order Thingking Skill dalam aspek Problem Solving pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMPN 2 Banyuwangi? Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian : 1) Penerapan Pendekatan Saintifik berbasis HOTS aspek Transfer of Knowladge pendidik menyesuaikan dengan indikator pendekatan saintifik yaitu mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, menilai dan mengkreasikan. Dengan indikator tersebut pendidik memberikan pengetahuan berbasis HOTS kepada peserta didik. 2) Pendekatan saintifik berbasis HOTS aspek Critical and Creative pendidik memberikan suatu permasalahan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif dengan tujuan peserta didik mampu mengungkapkan argumentasi, melakukan refleksi dan membuat keputusan yang tepat. 3) Pendekatan saintifik berbasis HOTS aspek Problem Solving pendidik tidak hanya sekedar memberikan permasalahan diskusi melainkan juga memberikan arahan kepada siswa agar memahami cara menentukan masalah, mengeksplorasi masalah, merencanakan solusi, melaksanakan solusi, memeriksa solusi dan mengevaluasi untuk mengasah kemampuan peserta didik menghadapi problem dilingkungan sekolah maupun masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:43 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3846 |
Actions (login required)
View Item |