Rolita, Ella (2024) Integrasi konsep sains modern dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas IX di SMP Negeri 8 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ELLA ROLITA 204101010007.pdf Download (5MB) |
Abstract
SMP Negeri 8 Jember adalah salah satu lembega yang menerapkan
integrasi konsep sains modern dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti pada kelas IX, dengan tujuan untuk memperluas wawasan siswa.
Penggabungan antara mata pelajaran umum dan pelajaran agama Islam ini
membuat mata pelajaran menjadi lebih terperinci dan saling mendukung.
Penerapan integrasi sains modern diharapkan dapat memberikan konstribusi
dalam menciptakan masyarakat yang berkualitas.
Berdasarkan konteks tersebut, fokus penelitian ini adalah, 1) Konsep sains
modern apa saja yang dapat diintegrasikan kedalam pembelajaran PAI dan Budi
Pekerti pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 8 Jember? 2) Bagaimana
metode dan strategi yang digunakan guru untuk mengintegrasikan sains moden
dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMP Negeri 8
Jember? 3) Bagaimana dampak pengintegrasian sains modern terrhadap siswa
kelas IX SMP Negeri 8 Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui konsep sains
modern yang dapat diintegrasikan kedalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti
pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 8 Jember. 2) Untuk mengetahui
metode dan strategi yang digunakan guru untuk mengintegrasikan sains moden
dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMP Negeri 8
Jember. 3) Untuk mengetahui dampak pengintegrasian sains modern terrhadap
siswa kelas IX SMP Negeri 8 Jember.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan
pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah analisis
yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data : trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Berdasarkan fokus penelitian integrasi konsep sains modern dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti yaitu : 1). Konsep Sains
Modern yang dapat diintegrasikan kedalam Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 8 Jember
yaitu : a). Menghubungkan pemahaman ilmiah dengan nilai-nilai moral dan
spiritual.b). Mengaitkan berbagai fenomena ilmiah dengan ajaran Islam yang
mengajarkan keteraturan alam semesta sebagai tanda kekuasaan Allah SWT. 2).
Mengetahui Metode dan Strategi yang digunakan Guru untuk Mengintegrasikan
Sains Modern dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMP
Negeri 8 Jember yaitu : a). Menjadikan al quran dan hadis sebagai sumber utama
dalam mengintegrasikan agama dan sains. b). Memperluas materi kajian agama
Islam dan menghindari dikotomi ilmu. c). Memberikan tugas kepada siswa. d).
Kegiatan praktek siswa. 3). Dampak pengintegrasian sains modern terhadap siswa
kelas IX SMP Negeri 8 Jember yaitu : a). peningkatan pemahaman konsep
integrasi sains modern dan agama. b). melatih nalar siswa untuk berpikir kritis. c).
kesiapan untuk menghadapi tantangan era dikeumidan hari. d). memotivasi minat
belajar siswa dalam intgrasi konsep sains modern dan agama.
Kata Kunci : Integrasi Konsep Sains Modern dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX Di SMP Negeri 8 Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MSELLA12.1 ELLA ROLITA |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:29 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 06:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38463 |
Actions (login required)
View Item |