Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Budaya Sekolah Di Kb Nurus Shobir Tegal Mijin Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024

Mahdatussurur, Mahdatussurur (2024) Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Budaya Sekolah Di Kb Nurus Shobir Tegal Mijin Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAHDATUSSURUS 202101050010 .pdf

Download (12MB)

Abstract

Mahdatussurur, 2024: Membangun karakter anak usia dini melalui budaya
sekolah di KB Nurus Shobir Tegal Mijin Grujugan Bondowoso
Kata Kunci: Membangun Karakter, Budaya Sekolah, KB Nurus Shobir
Membangun karakter siswa adalah upaya jangka panjang yang
memerlukan kerja sama antara pendidik, orang tua, dan siswa. Dengan
memperhatikan nilai-nilai pembangunan karakter melalui budaya sekolah, guru
dapat membantu siswa menjadi individu yang bertanggung jawab, berempati, dan
mampu berkontribusi positif dalam masyarakat.
Pentingnya pendidikan karakter di sekolah bertujuan untuk membangun
karakter siswa supaya memiliki sifat atau ciri khas yang melekat pada diri
seseorang dalam berperilaku sehari-hari. Tentu saja untuk membentuk karakter
siswa tidak dapat dilakukan sendiri oleh guru di sekolah. Pembentukan karakter
siswa juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan maupun orang terdekat, misalnya
keluarga dan lingkungan sekitar. Bahkan Keluarga adalah tempat belajar dan
pembentukan karakter pertama yang diperoleh oleh anak.
Fokus peneltian ini adalah;1) Bagaimana cara membangun karakter anak
usia dini melalui budaya sekolah di KB NURUS SHOBIR?, 2)Bagaimana
pelaksanaan membangun karakter anak usia dini melalui budaya sekolah di KB
NURUS SHOBIR?, 3)Bagaimana evaluasi dalam membangun karakter anak usia
dini melaui budaya sekolah di KB NURUS SHOBIR?. Sedamgkan tujuan
penelitiannya adalah, 1) Untuk mengetahui cara membangun karakter anak usia
dini melalui budaya sekolah di KB NURUS SHOBIR, 2) Untuk mengetahui
pelaksanaan membangun karakter anak usia dini melalui budaya sekolah di KB
NURUS SHOBIR, 3) Untuk mengetahui evaluasi dalam membangun karakter
anak usia dini melalui budaya sekolah di KB NURUS SHOBIR.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan case study (studi kasus). Subjek penelitian menggunakan teknik
purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian
menggunakan metode Miles, Huberrman dan Saldana yang meliputi: Kondensasi
data, penyajian data dan kesimpulan data menggunakan Trigulasi sumber dan
Trigulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Membangun karakter anak melalui
budaya sekolah, guru dan pihak sekolah menggunakan metode pembiasaan,
seperti bersikap tanggung jawab, disiplin waktu, memahami doa-doa dan kerja
sama. 2) Pelaksanaan dalam membangun karakter anak usia dini melalui budaya
sekolah dilakukan dengan memahami doa-doa, membaca jilid Al-Qurán, datang
tidak boleh terlambat, tidak boleh berbicara sendiri, dan bertanggung jawab atas
sesuatu yang dilakukan. 3) Evaluasi dilakukan dengan observasi perilaku anak dan
melibatkan orang tua untuk mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms MAHDATUSSURUR
Date Deposited: 23 Dec 2024 06:44
Last Modified: 23 Dec 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38473

Actions (login required)

View Item View Item