LATIFAH, DEWI FUADATUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK 076 PGMI 2024)
Dewi Fuadatul Latifah.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses interaksi guru dan siswa yang
mendorong terjadinya proses pembelajaran. Di dalam proses pembelajaran, guru
memerlukan berbagai rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam proses
pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Untuk itu, guru
perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa,
sehingga siswa lebih bersemangat dan ikut serta aktif dalam mengikuti proses
pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan untuk
mengaktifkan siswa yaitu model pembelajaran kooperatif. Salah satu tipenya yaitu
model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC).
Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana pengaruh model
pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap
hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasi Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu
Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Uji validitas intrumen menggunakan
validitas isi (Content Validity). Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat
yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan Uji
Independent Sample T-test.
Hasil analisis data menggunakan Independent Sample T-test diperoleh
nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,033 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi <
0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial (IPAS) kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Hal tersebut
dibuktikan dari hasil nilai belajar kelas V RA Kartini (eksperimen) yang
memperoleh nilai yang lebih tinggi dibanding kelas V Cut Nyak Dien (kontrol).
Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)
ini lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dan mungkin akan
dapat jadi lebih efektif lagi jika model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)
ini diterapkan dengan menggunakan berbantuan media pembelajaran atau media
pendukung yang lain
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dewi Latifah |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 08:16 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 07:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38482 |
Actions (login required)
View Item |