NINDA SAKINAT, UNNISA (2021) Program Pembelajaran Individual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Muhammadiyah Licin Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
NINDA SAKINATUNNISA’_T20171106.pdf Download (9MB) |
Abstract
Ninda Sakinatunnisa’, 2021:“Program Pembelajaran Individual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Muhammadiyah Licin Banyuwangi.” Kata kunci: program pembelajaran individual, pembelajaran pendidikan agama Islam Program pembelajaran individual adalah layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan, potensi, dan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Program ini memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat belajar sesuai kebutuhan, kemampuan, kecepatan dan caranya sendiri, juga agar siswa dapat belajar secara optimal serta bisa mencapai tingkat penguasaan pelajaran yang dipelajarinya. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencananaan program pembelajaran individual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Muhammadiyah Licin Banyuwangi?, (2) Bagaimana pelaksanaan program pembelajaran individual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Muhammadiyah Licin Banyuwangi?, (3) Bagaimanan evaluasi program pembelajaran individual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Muhammadiyah Licin Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi program pembelajaran individual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Muhammadiyah Licin Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana dengan langkah kondensasi, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Tahap penelitiannya, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan program pembelajaran individual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita dilakukan oleh tim khusus untuk melakukan assesemen terhadap siswa tunagrahita untuk menetapkan pemebelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu, (2) Pelaksanaan program pembelajaran individual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita yaitu dengan memodifikasi pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa. Guru akan memberikan bantuan kepada siswa tunagrahita, memberikan penjelasan dan mencontohkan secara berulang-ulang apabila belum memahami pembelajaran yang telah disampaikan guru, (3) Evaluasi program pembelajaran individual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita dilakukan ketika tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan di awal tercapai dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan menggunakan tes tulis, tes lisan, dan praktek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:44 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3858 |
Actions (login required)
View Item |