Nisaa, Choirotun (2024) PENGARUH INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI KELAS VII SMPN 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text (SK 058 IPA 2024)
CHOIROTUN NISAA_204101100015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Choirotun Nisaa, 2024: Pengaruh Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan di Kelas VII
SMPN 1 Jember
Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, IPA
Inkuiri terbimbing merupakan cara belajar dalam mempersiapkan siswa
dengan kemampuan dan kompetensi untuk memperdalam pengetahuan. Inkuiri
terbimbing membantu mendorong keterlibatan dan memotivasi siswa untuk
mendapatkan pemahaman mendalam mengenai pembelajaran. Dalam hal ini siswa
memerlukan pengetahuan untuk memahami pembelajaran di kelas, dengan begitu
proses belajar mengajar diharapkan mampu menghasilkan input yang sangat baik
dalam memperoleh hasil belajar pada siswa. Sehingga pada proses dan hasil
belajar siswa sudah menguasai semua aspek ilmu pengetahuan.
Sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah
pengaruh inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada
materi klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMPN 1 Jember?”. Berdasarkan
rumusan masalah maka tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh inkuiri
terbimbing berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada materi
klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMPN 1 Jember. Penelitian ini menggunakan
penelitian kuantitatif, Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimental design.
Quasi eksperimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah
nonequivalent control group design.
Dari rumusan masalah diatas maka hasil pada penelitian ini menggunakan
uji Independent Sample T-test pada pengujian hipotesis nya terhadap pencapaian
aktivitas akademis dari siswa di SMPN 1 Jember dengan nilai yang signifikan
yang didapatkan yaitu 0,000 < 0,05 yang memiliki makna bahwa Ha mendapatkan
penerimaan dan H0 mendapatkan penolakan. sehingga disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap hasil belajar
siswa pada materi klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMPN 1 Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060704 Plant Pathology 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Choirotun Nisaa |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 08:19 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 04:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |