Standarisasi Mutu Lulusan Sebagai Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Profesional pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember

Qurrota, A’yun (2021) Standarisasi Mutu Lulusan Sebagai Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Profesional pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Qurrota A’yun_T20171260.pdf

Download (32MB)

Abstract

Qurrota A‟yun, 2021: “Standarisasi Mutu Lulusan Sebagai Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Profesional pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember”. Kata Kunci: Standarisasi Mutu Lulusan, Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Profesional. Standar mutu merupakan tolak ukur kinerja dalam penjaminan mutu yang mencakup proses dan usaha dalam pembentukan standar hasil kualitas Satuan ukuran yang digunakan sebagai dasar untuk membandingkan kuantitas, kualitas, nilai mutu. Kesenjangan dari standar mutu FTIK meliputi: buku pendamping mutu mahasiswa sebagai pengendalian mutu akademik melalui pendampingan konsultasi dengan DPA, buku ekuivalen kurikulum FTIK, didalamnya berisi seluruh sebaran mata kuliah di setiap program studi FTIK, buku pendamping mutu ujian komprehensif, dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FTIK. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perumusan standarisasi mutu lulusan pada mahasiswa PAI sebagai calon guru professional?; 2) Bagaimana implementasi standarisasi mutu lulusan pada mahasiswa PAI sebagai calon guru professional?; 3) Bagaimana ketercapaian standar mutu lulusan pada mahasiswa PAI sebagai calon guru professional. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perumusan standarisasi mutu lulusan pada mahasiswa PAI sebagai calon guru professional; 2) Untuk mendeskripsikan implementasi standarisasi mutu lulusan pada mahasiswa PAI sebagai calon guru professional; 3) Untuk mendeskripsikan ketercapaian standar mutu lulusan pada mahasiswa PAI sebagai calon guru professional. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Standarisasi mutu lulusan ada 4 buku yaitu: Buku pendamping mutu mahasiswa, Buku ekuivalen kurikulum FTIK, Buku pendamping mutu ujian komprehensif, dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Proses perumusan standar dirumuskan bersama-sama, Gugus Kendali Mutu tingkat fakultas FTIK, Gugus Kendali Mutu tingkat prodi FTIK dan dosen-dosen yang ahli dibidangnya. Langkah-langkah standar mutu dibentuk berdasarkan analisis lingkungan, pembentukan tim standar mutu, rapat persamaan presepsi, perumusan dan penyusunan standar mutu, dan setelah melalui tahap beberapa revisi bisa diterapkan ke seluruh mahasiswa,. 2) Implementasi standarisasi mutu lulusan pada mahasiswa PAI sebagai calon guru professional terdapat tagihan tagihan, yang pertama tagihan hafalan surat-surat pendek juz 30, yang kedua hafalan ayat-ayat tarbawi/kependidikan, yang ketiga hafalan tentang hadits tarbawi, kendala implementasi standarisasi mutu pertama, adanya seleksi masuk melalui SPAN, Kedua standarisasi proses perkuliahan untuk dosen tim gugus mutu fakultas standar penggunaan learning management sistem (LMS) agar proses pembelajaran menjadi seragam, dan kendala Buku Pendamping Mutu Mahasiswa (DPA) belum bisa terlaksana karena terkendala masa pandemi / sistem Daring. 3) Ketercapaiaan dengan adanya standar mutu yaitu Nilai IPK kalau kaitannya dengan akademik dan ketercapaian proses kuliah, magang 2 dengan penilaian di lapangan, kaitannya sudah alumini yaitu berapa alumni yang diserap oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:45
Last Modified: 26 Apr 2022 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3860

Actions (login required)

View Item View Item