Hartono, Rudi (2024) Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuwangi. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
RUDI HARTONO_213206010038.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hartono, Rudi, 2024. Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuwangi. Tesis. Program Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN KHAS Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. Moch. Chotib, S.Ag., M.M. Pembimbing II: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag., M.Pd.I
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Pendidikan dan Peningkatan Kuantitas Peserta didik
Bauran pemasaran adalah kombinasi dari berbagai variabel pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Dalam penelitian ini, tiga variabel bauran pemasaran yang dibahas adalah Product (Produk), Promotion (Promosi), dan People (Orang). Salah satu tujuan pemasaran dalam konteks pendidikan adalah untuk meningkatkan jumlah peserta didik di suatu lembaga pendidikan Islam agar dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.
Fokus penelitian: (1) Bagaimana strategi bauran pemasaran pendidikan aspek product dalam peningkatan kuantitas peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuwangi? (2) Bagaimana strategi bauran pemasaran pendidikan aspek promotion dalam peningkatan kuantitas peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuwangi? (3) Bagaimana strategi bauran pemasaran pendidikan aspek people dalam peningkatan kuantitas peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuwangi? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi bauran pemasaran pendidikan aspek product dalam peningkatan kuantitas peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuwangi. (2) Mendeskripsikan strategi bauran pemasaran pendidikan aspek promotion dalam peningkatan kuantitas peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuwangi. (3) Mendeskripsikan strategi bauran pemasaran pendidikan aspek people dalam peningkatan kuantitas peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuwangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive. Sumber data berupa informan, kegiatan, dan dokumen. Analisis data menggunakan kondensasi data (Data Condentation). Pemaparan data (Data Display), penarikan dan verivikasi kesimpulan (Drawing and verifying conclution). Uji keabsahan data dengan menggunakan Trianggulasi Sumber, Trianggulasi Teknik, dan Pengecekan anggota (Member Check).
Hasil penelitian ini meliputi: (1) Product, MI Miftahul Ulum menawarkan produk berupa program unggulan, Pembelajaran Al Quran Metode Ummi, life skill, dan prestasi siswa. (2) Promotion, promosi yang dilakukan di MI Miftahul Ulum melalui brosur, kalender, banner, website, media sosial (facebook, instagram, whatsapp), kunjungan ke TK/RA, Homestay (Khidmah lil Ummah). (3) People, kualifikasi akademik tenaga pendidik, Dari ke 19 guru ini 2 diantaranya berijazah S2, 8 guru melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, dan 9 guru masih berijazah S1.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rudi Hartono |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 04:12 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 04:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38614 |
Actions (login required)
View Item |