Nurmaila, Faizah Amanda (2024) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA (EKSPRESI) MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN di TK ABA 4 MANGLI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Faizah Amanda WM.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan Kemampuan Berbahasa Ekspresi, Bermain Peran.
Pengembangan kemampuan berbahasa anak merupakan proses
berkelanjutan sepanjang hidup. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan
anak, kemampuan berbahasanya juga akan berkembang dari tingkat yang
simpleks ke tingkat yang kompleks. Berbagai metode kegiatan yang dapat
dilakukan oleh guru dalam menstimulasi aspek perkembangan bahasa anak, salah
satunya yaitu melalui kegiatan bermain peran. Di TK ABA 4 Mangli, kegiatan
bermain peran tidak hanya monoton atau dilakukan dengan meniru gerakan saja,
tetapi juga diiringi dengan nyanyian lagu anak-anak. Dengan melakukan kegiatan
bermain peran, anak dapat berimajinasi, memanipulasi objek, dan mampu
membangun hubungan antar sesama.
Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Cara Mengembangkan
Kemampuan Berbahasa (Ekspresi) Melalui Kegiatan Bermain Peran Di TK ABA
4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 2) Apa Saja Faktor
Pendukung Dan Penghambat Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa
(Ekspresi) Melalui Kegiatan Bermain Peran di TK ABA 4 Mangli Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan
Cara Mengembangkan Kemampuan Berbahasa (Ekspresi) Melalui Kegiatan
Bermain Peran di TK ABA 4 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember, 2)
Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Mengembangkan
Kemampuan Berbahasa (Ekspresi) Melalui Kegiatan Bermain Peran di TK ABA 4
Mangli Kecamatan Kaliwates Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis pendekatan
menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Lokasi penelitian ini di TK
ABA 4 Mangli Kaliwates Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan kualitatif deskriptif dengan model interaktif sesuai teori Miles
Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan atau verifikasi. Triangulasi data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Cara mengembangkan kemampuan
berbahasa: mengajak anak untuk selalu berinteraksi, mengajak anak bernyanyi,
rutin membacakan buku cerita atau buku dongeng, serta selalu melibatkan anak
dalam bercerita/storytelling. 2) Faktor pendukung: pendidik memiliki kualifikasi
ahli di bidangnya serta memiliki sarana prasarana yang memadai. Sedangkan
faktor penghambat: kurangnya pelatihan dan stimulasi guru, serta kurangnya
kepedulian orang tua dalam melatih kesabaran emosional anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms. Faizah Amanda Nurmaila |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 01:20 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 01:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38623 |
Actions (login required)
View Item |