Manajemen Pendidikan Anak dalam Pola Asuh Orang Tua di Desa Biting Arjasa Jember Tahun 2020

HUSNUL NUR FAIQOH, - (2021) Manajemen Pendidikan Anak dalam Pola Asuh Orang Tua di Desa Biting Arjasa Jember Tahun 2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Husnul Nur Faiqoh_ T20153082.pdf

Download (13MB)

Abstract

Husnul Nur Faiqoh, 2020: Manajemen Pendidikan Anak dalam Pola Asuh Orang Tua di Desa Biting Arjasa Jember Tahun 2020. Manajemen pendidikan adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Untuk mewujudkan manajemen pendidikan anak yang baik dalam pandemi covid-19, tentu orang tua menjadi point yang utama.. Fokus penelitian dalam penelitian ini ada tiga, adapun fokus yakni: (1) Bagaimana manajemen pendidikan anak dalam perencaan pola asuh di desa Biting Arjasa Jember tahun 2020? (2) Bagaimana manajemen pendidikan anak dalam pelaksanaan pola asuh orang tua di desa Biting Arjasa Jember tahun 2020? (3) Bagaimana manajemen pendidikan anak dalam pengawasan pola asuh orang tua di desa Biting Arjasa Jember tahun 2020?? Peneliti menggunakan metode penelitian kualititatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yakni desa Biting Arjasa Jember. Metode pemilihan informan dengan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) Manajemen Pendidikan Anak dalam Perencanaan Pola Asuh Orang Tua. Dalam hasil penelitian pola asuh indulgent orang tua bahwa: Bahwa orang tua kebanyakan acuh kepada anaknya. Sehingga anak-anak memiliki dunia dan acuh kepada tanggung jawabnya. Authoritatif memberikan gambaran perencanaan yang baik antar kedua belah pihak. Authoritarian menjelaskan bahwa orang tua sangat dominan dalam pembelajaran anak, sehingga anak tidak memiliki kebebasan dalam aspirasi pembelajaran. (2) Manajemen Pendidikan Anak dalam Pelaksanaan Pola Asuh Orang Tua. Dalam hasil penelitian pola asuh indulgent orang tua bahwa: Bahwa orang tua tidak bertanggung jawab atas pembelajaran anak-anaknya, sehingga orang tua juga tidak mendampingi anak kebanyakan acuh kepada anaknya. Authoritatif menjelaskan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang didukung kedua belah pihak sehingga anak dapat belajar dengan baik. Authoritarian menjelaskan bahwa orang tua sangat dominan mempersiapkan anak-anak khususnya dalam belajar. (3) Manajemen Pendidikan Anak Dalam Pengawasan Pola Asuh Orang Tua. Dalam hasil penelitian pola asuh indulgent orang tua bahwa: Bahwa orang tua yang tidak mau tahu akan pembelajaran anak juga tentu tidak melakukan pengawasan pembelajaran apapun kepada anak. Authoritatif menjelaskan pengawasan yang baik antara anak dengan orang tua sehingga pembelajaran juga dapat dilaksanakan dengan baik, kegiatan pembelajaran yang didukung kedua belah pihak sehingga anak dapat belajar dengan baik. Authoritarian menjelaskan bahwa orang tua sangat dominan mempersiapkan anak-anak khususnya dalam belajar Kata kunci: Manajemen Pendidikan, Pola Asuh dan Orang Tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:48
Last Modified: 26 Apr 2022 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3864

Actions (login required)

View Item View Item