Roziqin, Achmad Muzi (2024) Dampak Full Day School Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Antartika Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK 249 PAI 2024)
skripsi Achmad Muzi WATERMAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (105MB) |
Abstract
Abstrak
Achmad Muzi Roziqin, 2024: Dampak Full Day School Terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Antartika Sidoarjo
Kata Kunci: Dampak Full Day School, kognitif, afektif, psikomotorik.
Full day school merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar sehari penuh dengan memadukan pembelajaran secara intensif yakni dengan menambah jam pelajaran untuk pendalaman materi pelajaran serta pengembangan diri dan kreativitas. Perubahan perilaku sebagai hasil belajar dikelompokkan kedalam tiga ranah, yaitu: pengetahuan(kognitif), keterampilan(psikomotorik). SMA Antartika menerapkan sistem pembelajaran Full Day School yang tidak hanya menekankan pada aspek akademik saja.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana dampak full day school terhadap aspek kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Antartika Sidoarjo. 2) Bagaimana dampak full day school terhadap aspek afektif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Antartika Sidoarjo. 3) Bagaimana dampak full day school terhadap aspek psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendididikan Agama Islam kelas X SMA Antartika Sidoarjo.
Berdasarkan fokus penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan dampak dari full day school terhadap aspek kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama islam kelas X SMA Antartika Sidoarjo. 2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan dampak dari full day school terhadap aspek afektif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agana Islam kelas X SMA Antartika Sidoarjo. 3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan dampak dari full day school terhadap aspek psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Antartika Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti memilih pendekatan ini untuk mendeskripsikan bahan penelitian baik observasi, dokumentasi,dan wawancara. Serta analisis data dilakukan secara interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan Teknik.
Hasil Penelitian yang dilakukan pada SMA Antartika Sidoarjo adalah dampak full day school terhadap aspek kognitif adalah siswa menjadi lebih paham dan menambah pengetahuan karena lamanya waktu pembelajaran. Yang ketiga, dampak full day school terhadap aspek afektif siswa adalah siswa merasa bosan, jenuh, ngantuk, dan Lelah karena lamanya proses pembelajaran. Yang keempat, dampak full day school terhadap aspek psikomotorik siswa adalah siswa mengalami kesulitan dalam melakukan praktek karena lamanya proses pembelajaran mengakibatkan jenuh tidak fokus. Namun, dari kendala afektif dan psikomotor yang ada dapat diatasi dengan metode pembelajaran dari Guru yang inovatif dan kreatif yang membuat kendala tersebut teratasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Achmad Muzi Roziqin |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 07:00 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38721 |
Actions (login required)
View Item |