Pengaruh Penggunaan Media Game Interaktif Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Getaran, Gelombang, dan Cahaya di SMP Negeri 1 Silo Jember

Maulida, Nadia Firli (2024) Pengaruh Penggunaan Media Game Interaktif Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Getaran, Gelombang, dan Cahaya di SMP Negeri 1 Silo Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BISMILLAH 204101100006 WATERMARK.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Silo menunjukkan bahwa
sebagian besar guru tetap menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran,
media pembelajaran yang digunakan kurang memperhatikan representasi informasi
yang disampaikan akibatnya hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Media
berbasis game interaktif quizizz ini akan memiliki bentuk soal yang dirancang
semenarik mungkin dengan menggunakan fitur yang sudah ada di quizizz itu
sendiri. Fitur yang disajikan juga beragam. memudahkan guru untuk
menyampaikan materi, dan membangkitkan minat dan belajar siswa, sehingga
pembelajaran menjadi tidak jenuh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan
media game interaktif quizizz berpengaruh pada peningkatan hasil belajar peserta
didik kelas pada materi getaran, gelombang dan cahaya kelas VIII di SMP Negeri
1 Silo Jember?. (2) Apakah ada pengaruh penggunaan media game interaktif
quizizz untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran,
gelombang dan cahaya kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo Jember?. Tujuan
penelitiannya yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media
game interaktif quizizz pada proses pembelajaran peserta didik pada materi getaran,
gelombang dan cahaya kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo Jember. (2) untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media game interaktif quiziz untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran , gelombang dan
cahaya kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi
experiment dengan desain nonequivalent two group posttest only design.
Pengambilan sampel nonprobability sampling purposive. Sampel yang digunakan
terdiri 2 kelas, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B kelas kontrol.
Adapun teknik pengumpula data menggunakan teknik tes berupa soal pretest
sebagai pengujian awal dan soal posttest. Teknik analisis data uji hipotesis
menggunakan independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pengelolaan kelas
dengan menggunakan media game interaktif quizizz untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik pada materi getaran, gelombang dan cahaya kelas VIII di SMP
Negeri 1 Silo Jember dianggap berhasil dan memberikan peningkatan hasil belajar
pada materi getaran, gelombang dan cahaya. (2) adanya pengaruh penggunaan
media game interaktif quizizz untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
materi getaran, gelombang dan cahaya kelas VIII di SMP Negeri 1 Silo Jember.
Pengaruh ini menghasilkan uji independent sample t-test pada uji hipotesis terhadap
hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Silo Jember memperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,012 < 0,05 artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ms Nadia Firli Maulida
Date Deposited: 24 Dec 2024 08:28
Last Modified: 24 Dec 2024 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38747

Actions (login required)

View Item View Item