Problematika dan solusi menghafal al-qur'an pada siswa generasi z di ma'had al-khoirot madrasah aliyah negeri 2 jember

Hermawan, Chintya Febriany (2024) Problematika dan solusi menghafal al-qur'an pada siswa generasi z di ma'had al-khoirot madrasah aliyah negeri 2 jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 250 PAI 2024)
CHINTYA FEBRIANY HERMAWAN 204101010060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Konteks penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang secara langsung membentuk karakteristik generasi Z. Dalam proses menghafal Al-Qur’an, siswa generasi ini menghadapi berbagai problematika, baik internal maupun eksternal, yang disebabkan oleh teknologi dan gangguan psikologis akibat ketergantungan pada smartphone. Kondisi tersebut secara langsung mempengaruhi fokus mereka, khususnya siswa di Ma’had Al-Khoirot Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui problematika menghafal Al-Qur’an pada siswa generasi Z di Ma’had Al-Khoirot Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember, (2) Untuk memberikan solusi yang efektif dan relevan dalam mengatasi problematika menghafal Al-Qur'an pada siswa generasi Z di Ma’had Al-Khoirot Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data melalui penerapan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sehingga memastikan hasil penelitian valid.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Problematika menghafal Al-Qur’an pada siswa generasi Z di Ma’had Al-Khoirot Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember ada 2 yaitu, problematika internal diantaranya malas yang diakibatkan distraksi smartphone, mudah berputus asa, mudah lupa, dan kurangnya menguasai tajwid dengan baik, sedangkan problematika eksternal diantaranya gangguan psikologis, banyaknya kesibukan, dan lingkungan menghafal yang kurang mendukung. (2) Solusi yang tepat untuk menghadapi problematika internal yaitu, mengumpulkan smartphone diwaktu yang telah di tentukan, Melakukan muraja’ah, pengelompokan siswa sesuai kemampuan. Sedangkan solusi untuk menghadapi problematika eksternal yaitu, dukungan dan motivasi dari orang tua, mengatur waktu dan menjadikan hafalan Al-Qur’an sebagai prioritas, dan memanfaatkan teknologi untuk komunikasi dengan sesama penghafal Al-Qur’an melalui platform online.

Kata kunci: Menghafal Al-Qur’an, Problematika, Siswa Generasi Z.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chintya Febriany Hermawan
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:25
Last Modified: 02 Jan 2025 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38755

Actions (login required)

View Item View Item