HUZAIMAH, - (2020) Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai di Raudhatul Athfal Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
HUZAIMAH_T20165065.pdf Download (5MB) |
Abstract
Huzaimah, 2020: Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai di Raudhatul Athfal Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Proses kreasi atau proses kreatif merupakan tahapan yang harus dilalui oleh seseorang dalam menciptakan suatu karya seni, mulai dari proses memperoleh, menemukan sumber inspirasi, hingga proses mewujudkan dalam bentuk karya. Tahapan-tahapan tersebut harus ditanamkan kepada anak usia dini guna mengasah kemampuannya dalam hal melakukan dan mencipta suatu karya. Proses pengembangan kreativitas anak salah satunya bisa dilakukan melalui belajar dan bermain, dimana pembelajaran dikemas melalui kegiatan mewarnai. Fokus penelitian: (1) Bagaimana pengembangan kreativitas pada aspek proses melalui kegiatan mewarnai pada anak di Raudhatul Athfal Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember tahun pelajaran 2019/2020?, (2) Bagaimana pengembangan kreativitas pada aspek produk melalui kegiatan mewarnai pada anak di Raudhatul Athfal Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember tahun pelajaran 2019/2020?, dan (3) Bagaimana pengembangan kreativitas pada aspek dukungan melalui kegiatan mewarnai pada anak di Raudhatul Athfal Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan pengembangan kreativitas pada aspek proses melalui kegiatan mewarnai pada anak di Raudhatul Athfal Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember tahun pelajaran 2019/2020, (2) Mendeskripsikan pengembangan kreativitas pada aspek produk melalui kegiatan mewarnai pada anak di RA. Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember tahun pelajaran 2019/2020 dan (3) Mendeskripsikan pengembangan kreativitas pada aspek dukungan melalui kegiatan mewarnai pada anak di RA. Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan melalui tiga tahapan yaitu condensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pengembangan kreativitas pada aspek proses melalui kegiatan mewarnai di RA. Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 dilakukan dengan melibatkan anak untuk berinteraksi secara lansung dengan gagasannya sendiri. Dimana dalam proses mengembangkan kreativitas melalui kegiatan mewarnai tersebut, anak diberi kebebasan berkreasi tanpa menuntut kesempurnaan hasil asalkan tetap mengacu pada tema pembelajaran, (2) Pengembagan kreativitas pada aspek produk melalui kegiatan mewarnai di RA. Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember dilakukan dengan cara membimbing kemampuan. Dengan memadukan berbagai pengetahuan dasar yang dimiliki anak serta ditunjang oleh bimbingan guru, maka anak dapat mencipta suatu produk yang baru dan berbeda dengan teman sebayanya, dan (3) Pengembangan kreativitas pada aspek dukungan melalui kegiatan mewarnai di RA. Taruna Ilmu Darungan Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 dilakukan dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak, serta menyediakan alat dan bahan mewarnai serta berbagai fasilitas permainan edukatif yang dapat mengembangkan kreativitas anak. Selain itu, partisipasi orang tua dalam memberi semangat menjadi faktor pendukung utama bagi pengembangan kreativitas anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:50 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3877 |
Actions (login required)
View Item |