Program Vokasi Berdasarkan Perspektif Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember

Taufiqurrohman, Habib (2024) Program Vokasi Berdasarkan Perspektif Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HABIB TAUFIQURROHMAN_202101030066.pdf

Download (8MB)

Abstract

Era globalisasi 4.0 menajdi suatu pusat kemajuan teknologi yang sudah diterapkan di berbagai perusahan di dunia usaha maupun dunia industry, sumber daya manuasia yang unggul, yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi, menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital ini. Oleh karena itu, pendidikan vokasi madrasah yang berbasis pada keterampilan praktis dan pengetahuan teknologi sangat diperlukan untuk mempersiapkan generasi muda agar siap bersaing di pasar kerja global. Melalui program vokasi yang relevan dan berorientasi pada kebutuhan industri, diharapkan dapat tercipta tenaga kerja yang kompeten dan siap untuk menghadapi dinamika industri 4.0.
Fokus penelitian adalah bagaimana implementasi Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang dengan program vokasi dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember yang belum menerapkan program vokasi dalam menujang karir siswa? Dengan tujuan untuk mendeskripsikan program vokasi dan non program vokasi dalam mengembangkan karir yang berdasarkan prespektif siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Mixed Methods, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis konten terhadap tanggapan siswa berdasarkan angket penelitian. Hasil penelitian menunjukkan beragam pandangan dan pengalaman siswa terkait pembinaan karir termasuk evaluasi terhadap kurikulum, kualitas pengajaran, kesempatan magang, dan persiapan karir lainya. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi pihak madrasah dalam meningkatkan kualitas dan relevansi program vokasi dengan kebutuhan siswa dan pasar kerja.
Hasil dari penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang, program vokasi merupakan fokus utama dari instansi dalam memberikan sumber daya manusia yang unggul dalam bidangnya. Bekerja sama dengan dunia usaha dan industry menjadi hal penting dalam memperkuat penyelarasan Pendidikan vokasi di madrasah. Siswa dibekali dengan serangakaian teori dan praktek magang untuk memperkuat pengalaman mereka saat terjun ke dunia usaha maupun dunia industry. Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember, Pendidikan agama menjadi pusat dalam mengembangkan kebribadian siswa dalam membentuk karakter yang kuat, berakhlak mulia. Dengan menerapakan desain reguler madrasah dapat membekali siswa dengan keterampilan terapan setara D1, dengan bekerjasama dengan Institut Teknik Surabaya. Kedua madrasah ini memiliki keunggulan yang berbeda-beda, mulai dari MAN 3 Malang yang membekali peserta didik ilmu keterampilan yang bisa langsung terjun ke dunia kerja, dan MAN 3 Jember yang membekali siswa dengan ilmu pengembangan karir yang membutuhkan pendidikan lebih lanjut.
Kata kunci: Program vokasi; Pendidikan Vokasi; Madrasah Vokasi; Madrasah Reguler

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Habib Taufiqurrohman
Date Deposited: 27 Dec 2024 08:15
Last Modified: 27 Dec 2024 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38790

Actions (login required)

View Item View Item