Maulida, Rizka Khoirotul (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5-PPRA) Untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Pengembangan Karakter di Madrasah Aliyah Ar-Risalah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Rizka Khoirotul Maulida_204101010040_.pdf Download (3MB) |
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin merupakan suatu hal baru dalam dunia pendidikan. Sebagai kegiatan yang tergolong baru dari kurikulum merdeka, sebagian besar guru di lembaga ini masih belum memahami apa itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil alamin, Hal tersebut menjadi kendala menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil alamin. Tujuan Penelitian skripsi ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin di Madrasah Aliyah Ar-Risalah 2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin di Madrasah Aliyah Ar-Risalah 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar Rahmatan lil Alamin di Madrasah Aliyah Ar-Risalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi yang peneliti lakukan si Madrasah Aliyah Ar-Risalah, wawancara dengan koordinator P5-PPRA di madrasah tersebut dan dokumentasi terkait pelaksanaan kegiatan P5-PPRA. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini: 1) perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di Madrasah Aliyah Ar-Risalah melalui beberapa langkah, yaitu pembentukan tim fasilitator yang dibentuk dari beberapa guru yang mengikuti bimtek, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan yang dikatakan masih pada tahap awal, menentukan dimensi yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan kreatif, tema gaya hidup berkelanjutan dengan topik pengelolaan sampah organik dan anorganik dan alokasi waktu dimana pelaksanaan dilakukan setiap hari rabu, menyusun modul projek guru hanya membuat panduan teknis. 2) pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di Madrasah Aliyah Ar-Risalah berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, yaitu mempersiapkan sumber belajar disini guru mempersiapkan terlebih dahulu mengenai alat dan bahan yang akan dibutuhkan dan pengerjaan projek dari sampah organik yaitu pupuk POC dan sampah anorganik yaitu baju,tas dll. 3) evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di Madrasah Aliyah Ar-Risalah yaitu belum menggunakan instrumen yang sesuai, akan tetapi hanya
melalui pengamatan selama kegiatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | RIZKA KHOIROTUL MAULIDA |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 02:20 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 02:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38807 |
Actions (login required)
View Item |